Tata Kelola Transportasi Jadi Modal Arief Maju Pilgub Banten

Si Tayo dan Si Benteng jadi row model untuk daerah lain

Kota Tangerang, IDN Times - Pengamat transportasi, Harya Setyka, menilai kemajuan transportasi di Kota Tangerang di era kepemimpinan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, periode 2018-2024 jadi modal kuat unyuk memimpin Provinsi Banten jika menang dalam Pemlihan Gubernur (Pilgub) Banten pada November 2024 mendatang.

Harya mengatakan, program transportasi yang telah diterapkan di Kota Tangerang patut dijadikan contoh dan ditularkan ke daerah lain di Provinsi Banten.

1. Kemajuan transportasi ini telah menunjukkan tingkat keberhasilan yang baik

Tata Kelola Transportasi Jadi Modal Arief Maju Pilgub BantenDok. Pemkot Tangerang

Menurut Harya, kemajuan yang telah dicapai dalam bidang transportasi di Kota Tangerang menunjukkan tingkat keberhasilan yang baik. Ia menilai, bahwa program ini dapat menjadi landasan yang kuat bagi daerah lain untuk mengembangkan sistem transportasi yang serupa.

"Pemerintah perlu hadir dalam penyediaan transportasi publik yang berkualitas," kata Harya, Minggu (28/4/2024).

2. Si Tayo dan Si Benteng jadi andalan

Tata Kelola Transportasi Jadi Modal Arief Maju Pilgub BantenDok. Pemkot Tangerang

Harya mengatakan, satu aspek yang menjadi sorotan adalah Program Bus Tayo dan Si Benteng, angkutan perkotaan yang kini telah menjadi andalan masyarakat Kota Tangerang.

Program ini dijalankan oleh Pemerintah Kota Tangerang sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi warga.

3. Kemajuan ini bisa dibawa ke kabupaten/kota lain di Banten

Tata Kelola Transportasi Jadi Modal Arief Maju Pilgub BantenDok. Pemkot Tangerang

Sementara itu, berdasar data Dinas Perhubungan Kota Tangerang, bahwa Kota Tangerang telah mengelola 40 unit Bus Tayo dengan desain retro ala 1990-an. Bus ini memiliki empat koridor dan beroperasi setiap hari dengan fasilitas AC, musik, CCTV, dan pintu otomatis.

Sementara itu angkutan Si Benteng, yang juga menjadi andalan transportasi, memiliki sembilan rute dengan fasilitas yang cukup mewah seperti AC, colokan pengisian daya handphone, CCTV, dan pintu otomatis.

Kehadiran program transportasi ini juga didukung dengan adanya aplikasi Trans Tangerang Ayo yang memudahkan penumpang dalam melihat lokasi halte, memantau lokasi Bus Tayo secara real-time, serta menyediakan informasi jadwal dan pembelian tiket.

Menanggapi hal ini, Harya menilai bahwa program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi warga Kota Tangerang, tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam mengembangkan sistem transportasi yang efisien dan terjangkau.

Diharapkan, lanjutnya, kemajuan dalam bidang transportasi ini juga akan menjadi pertimbangan penting jika Arief R Wismansyah maju dalam Pilgub Banten.

"Hal ini diharapkan dapat membawa program-program transportasi unggulan Kota Tangerang ke tingkat provinsi, sehingga masyarakat Banten dapat menikmati transportasi publik yang berkualitas dan efisien," kata dia.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya