Comscore Tracker

Musim Hujan, 3 Kesalahan Biker yang Bisa Bikin Fatal

Hal yang biasa, tapi sebetulnya berbahaya. Hati-hati guys~

Jakarta, IDN Times - Cuaca sedang galau-galaunya, memasuki Februari 2021. Hujan terus turun, yang salah satu dampaknya, membuat jalanan lebih licin.

Jalanan licin akibat hujan harus menjadi perhatian khusus para biker. Selain itu hujan juga membuat jarak pandang menjadi sangat terbatas.

Gk heran, kecelakaan sepeda motor kerap terjadi. Belum lagi ada kebiasaan biker yang keliru lainnya bisa memancing celaka.

Sekilas sih, kebiasaan-kebiasaan itu wajar saja, gak ada yang salah. Namun, di tengah kondisi musim hujan gini, bisa memicu kecelakaan. Apa saja? 

1. Menggunakan jas hujan model ponco

Musim Hujan, 3 Kesalahan Biker yang Bisa Bikin Fatalflickr.com/Adam Cohn

Siapa nih yang masih memakai jas hujan model gini? Memang sih, jas hujan tipe ini serbaguna dan mudah dikenakan. 

Tapi, tahukah kamu, jas ponco punya desain yang tidak aman jika dikenakan saat naik motor. Ponco dirancang longgar dan ia bisa mengembang ketika terkena angin. 

Nah, desainnya yang dibuat longgar ini justru bisa menimbulkan bahaya. Sebab ponco yang melebar ketika terkena angin bisa tersangkut di rantai, roda, hingga bagian sprocket. Kalau sampai ini terjadi, maka biker bisa terjatuh.

Duh, bahaya banget!

Jas hujan yang paling aman bagi pemotor adalah jas hujan yang pas dengan badan tanpa bahan longgar yang dapat tersangkut di komponen motor.

Baca Juga: Motor-motor Suzuki Paling Dinanti Biker Indonesia, Kapan Meluncur Ya?

2. Menyalakan lampu hazard

Musim Hujan, 3 Kesalahan Biker yang Bisa Bikin FatalMeiska Irena/IDN Times

Beberapa jenis sepeda motor, kini sudah dilengkapi fitur lampu hazard,  misalnya Honda PCX. Ada ketentuan khusus loh menggunakan lampu ini, ga bisa sembarangan. 

Tapi, ada saja biker yang bandel atau kurang paham, serampangan dalam menyalakan lampu hazard, khususnya ketika berkendara di tengah hujan.

Tahukah kamu, lampu hazard dapat mengurangi jarak pandang. Selain itu, ketika kamu menggunakan lampu hazard, juga bisa membingungkan pengguna jalan lain karena diasumsikan kita terhenti di tengah jalan karena situasi darurat.

Selain itu, menggunakan lampu hazard juga menyulitkan kita untuk mengaktifkan lampu sein. Penggunaan lampu depan dan lampu belakang saja cukup untuk menjaga visibilitas kita bagi pengendara lain.

3. Tancap gas, saat hujan datang

Musim Hujan, 3 Kesalahan Biker yang Bisa Bikin Fatalunsplash.com/Angga Pratama

Saat hujan mulai turun, kebanyakan biker akan langsung tancap gas. Tujuannya biar tidak kehujanan di jalan.

Padahal ini sangat berbahaya. Sebab saat mulai hujan, saat aspal mulai basah, jalanan pun cenderung licin. Selain itu jarak pandang juga akan berkurang karena air hujan.

Jalan licin dan jarak pandang yang berkurang adalah kombinasi yang bisa menyebabkan pengendara mengalami kecelakaan. 

Daripada tancap gas saat hujan datang, mendingan menepi saja deh. Aman, keluarga di rumah pun gak was-was menunggu kamu pulang.

Baca Juga: Motor-motor Bahan Modifikasi, Harganya Mulai Rp2 Jutaan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya