Comscore Tracker

Operasional Jouska, Mahesa, dan Amarta Investa Dihentikan! 

masyarakat yang dirugikan diminta menghubungi PT Jouska

Jakarta, IDN Times - Operasional PT Jouska Finansial Indonesia dihentikan Satgas Waspada Investasi. Masyarakat yang merasa dirugikan, diminta menghubungi PT Jouska.

Selain itu, Satgas Waspada Investa juga menghentikan kegiatan PT Mahesa Strategis Indonesia dan PT Amarta Investa Indonesia yang diduga melakukan kegiatan penasihat investasi, manajer investasi, atau perusahaan sekuritas tanpa izin. 

Keputusan diambil setelah Satgas memanggil PT Jouska Finansial Indonesia, Jumat (24/7/2020), dalam pertemuan virtual, yang dihadiri Aakar Abyasa selaku pemilik dan pemimpin Jouska, juga pengurus lainnya.

Dalam pertemuan itu, Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing memutuskan menghentikan kegiatan PT Jouska Finansial Indonesia, karena telah melakukan kegiatan usaha sebagai penasihat investasi dan atau agen perantara perdagangan efek, tanpa izin.

Baca Juga: CEO Jouska Minta Maaf, Eks Klien: Gak Ada Hal Baru Buat Saya!

Baca Juga: Diadukan Kliennya, CEO Jouska Minta Maaf 

1. Ini temuan Satgas Waspada Investasi seputar sepak terjang Jouska

Operasional Jouska, Mahesa, dan Amarta Investa Dihentikan! Logo Jouska (Dok. IDN Times/Jouska)

Keputusan tersebut harus diambil karena ada beberapa fakta yang ditemukan dalam pertemuan Satgas dengan pihak Jouska. Temuan itu terkait legalitas dan model bisnis Jouska.

Berikut fakta yang ditemukan Satgas:

1. PT Jouska Finansial Indonesia mendapatkan izin di Online Single Submission (OSS) untuk kegiatan jasa pendidikan lainnya.

2. Dalam operasinya, PT Jouska melakukan kegiatan seperti penasihat investasi sebagaimana dimaksud dalam UU Pasar Modal, yaitu pihak yang memberi nasihat kepada pihak lain mengenai penjualan atau pembelian efek dengan memperoleh imbalan jasa.

3. PT Jouska melakukan kerja sama dengan PT Mahesa Strategis Indonesia dan PT Amarta Investa Indonesia dalam pengelolaan dana nasabah, seperti kegiatan manajer investasi.

2. Masyarakat yang merasa dirugikan, diminta untuk menghubungi PT Jouska

Operasional Jouska, Mahesa, dan Amarta Investa Dihentikan! Daftar Klien Jouska yang Mengaku Korban (IDN Times/Arief Rahmat)

Satgas Waspada Investasi juga meminta PT Jouska bertanggung jawab menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi dengan nasabah secara terbuka, dan mengundang nasabah untuk diskusi menyelesaikan masalah tersebut.

Adapun masyarakat yang merasa dirugikan diminta menghubungi PT Jouska. Kemudian PT Jouska diminta segera mengurus perizinan sesuai kegiatan usahanya.

“Kita saat ini sedang membangun pasar modal yang kredibel dan terpercaya. Masyarakat yang ingin melakukan investasi di pasar modal agar selalu meneliti izin kegiatan perusahaan, baik sebagai penasihat investasi, manajer investasi, atau perusahaan sekuritas,” kata Tongam.

Pemilik Jouska Aakaer Abyasa sendiri telah menerima keputusan tersebut. 

Selanjutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) diminta segera memblokir situs atau web, aplikasi, dan medsos ketiga perusahaan itu.

3. CEO Jouska sempat meminta maaf

Operasional Jouska, Mahesa, dan Amarta Investa Dihentikan! Logo Jouska (Dok. IDN Times/Jouska)

Sebelumnya, CEO dan Founder Jouska, Aakar Abyasa meminta maaf setelah diserang di berbagai media sosial. Jouska dituding turut mengotak-atik dana investasi klien dan terlibat dalam pembelian saham PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK).

Seperti diketahui, saham PT Sentral Mitra Informatika Tbk tergolong unusual market activity (UMA) di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

"Izinkan saya untuk menyampaikan maaf yang sebesar-besarnya kepada klien, kepada seluruh stakeholder di Jouska ID, kepada rekan-rekan di industri, regulator maupun masyarakat secara luas karena kami telah menimbulkan kegaduhan dengan pemberitaan yang muncul di media maupun sosmed beberapa hari terakhir ini," kata Aakar melalui video Instagram pribadinya, @aakarbyasa, Kamis malam (23/7/2020).

4. Aakar: masalah bisnis seharusnya bisa diselesaikan secara bisnis

Operasional Jouska, Mahesa, dan Amarta Investa Dihentikan! Aakar Abyasa, CEO Jouska (Website/setneg.go.id)

Melalui melalui video tersebut, Aakar  ingin mengajak dan mencari jalan tengah dan memberikan solusi yang terbaik untuk semua pihak. Aakar mengatakan dia mencoba untuk tidak defensif atau pun mengklarifikasi semua pemberitaan yang ada. 

"Karena bagaimana pun saya tumbuh dan besar sebagai pebisnis. Saya diajarkan untuk memegang sebuah prinsip bahwasannya masalah bisnis seharusnya bisa diselesaikan secara bisnis," ungkapnya.

Baca Juga: Tidak Terdaftar di OJK, Jouska Harusnya Gak Boleh Kelola Dana Klien

Apakah kamu terdampak dengan penghentian Jouska? Bagikan pengalaman di kolom di bawah ini. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya