Comscore Tracker

Facebook Tanamkan Investasi di Gojek!

Perusahaan RI pertama yang disuntik dana dari Facebook

Jakarta, IDN TimesFacebook dan PayPal menyuntikkan dana investasi ke Gojek. Hal itu menjadikan Gojek menjadi perusahaan Indonesia pertama yang menerima investasi dari Facebook.

“Gojek, WhatsApp, dan Facebook adalah layanan yang penting di Indonesia. Melalui kerja sama, kita bisa membantu jutaan UMKM dan pelanggannya untuk bergabung di komunitas ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, " kata Matt Idema, Chief Operating Officer WhatsApp, melalui keterangan resmi, Rabu (3/6).

Langkah ini seiring dengan keinginan Facebook menciptakan peluang bagi dunia bisnis di Indonesia, termasuk melalui layanan instant messaging yang sudah digunakan secara luas, yakni WhatsApp.

Baca Juga: Ojol Dilarang Angkut Penumpang saat New Normal, Ini Tanggapan Gojek 

1. Menyusul Google dan Tencent yang telah memberi pendanaan terlebih dahulu

Facebook Tanamkan Investasi di Gojek!Kantor Google (Wikipedia/The Pancake of Heaven!)

Sebelum Facebook dan PayPal, Google serta Tencent sudah lebih dulu memberikan pendanaan pada Gojek. Dan,  pada hari ini keduanya juga menambah investasi pada perusahaan ini. Namun sayang, pihak Gojek tak menyebut berapa jumlah investasi yang dikucurkan oleh keempat perusahaan itu.

Dalam keterangannya disebutkan, pendanaan baru akan mendukung Gojek dalam misi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, bergabungnya keempat perusahaan global itu merupakan pengakuan terhadap bisnis perusahaan.

"Kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik seiring dengan upaya kami mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital,” ujarnya.

Pandemik COVID-19 dan dampaknya, kata Andre, mengingatkan bahwa perekonomian menjadi lebih kuat dan tangguh, maka harus didukung dengan infrastruktur digital yang mumpuni dan memberikan berbagai opsi untuk masyarakat dalam melakukan transaksi. "Kami melihat peran Gojek dalam menyinergikan para ahli di seluruh dunia, memfasilitasi kolaborasi guna menghasilkan masa depan yang lebih baik di Asia Tenggara," tambahnya.

Baca Juga: Setengah Pegawai Facebook Bakal WFH Sampai 2030

2. PayPal akan mengintegrasikan layanan pembayaran dengan Gojek

Facebook Tanamkan Investasi di Gojek!Ilustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Terkait investasi ini, PayPal sepakat untuk mengintegrasikan layanan pembayarannya dengan Gojek. Kedua perusahaan ini akan berkolaborasi dan membuka akses bagi para pengguna GoPay ke jaringan PayPal yang terdiri dari 25 juta merchant di seluruh dunia.

Farhad Maleki, Head of Corporate Development and Ventures for APAC PayPal mengatakan, Asia Tenggara sedang berada di titik yang sangat krusial dalam proses adopsi digital.

“Kami sangat bersemangat dalam memasuki sebuah hubungan strategis dengan Gojek untuk memperluas akses dan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna kami di pasar yang sangat dinamis ini dan di seluruh dunia,” katanya.

3. Gojek klaim selalu mendukung pertumbuhan UMKM

Facebook Tanamkan Investasi di Gojek!ilustrasi investasi. IDN Times/Arief Rahmat

Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi menambahkan bahwa Gojek selalu mendukung pertumbuhan UMKM sejak awal didirikan dan hingga kini. "Dan ini selalu menjadi perhatian kami. Sekarang, dengan sejumlah perusahaan teknologi terbaik di dunia sebagai mitra, kami percaya bahwa kami bisa tetap memberikan produk dan layanan berkelas dunia yang unik bagi seluruh pihak di ekosistem Gojek," ucapnya.

Baca Juga: Ojol Dilarang Angkut Penumpang saat New Normal, Ini Tanggapan Gojek 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya