Comscore Tracker

Beli Motor dan Mobil Baru Bisa DP 0 Persen!

Berlaku 1 Maret sampai 31 Desember 2021

Jakarta, IDN Times - Ada kabar menyegarkan buat kamu yang sedang ingin mengkredit kendaraan bermotor, namun down payment (DP) tak kunjung terkumpul. Bank Indonesia (BI) melonggarkan ketentuan DP atau uang muka untuk kendaraan bermotor itu menjadi paling sedikit 0 persen.

Ketentuan ini berlaku efektif mulai 1 Maret 2021 sampai dengan 31 Desember 2021. "Untuk semua jenis kendaraaan bermotor baru," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Pengamat: Penurunan Suku Bunga Belum Mampu Gerek Permintaan Kredit

1. Kebijakan pelonggaran DP kendaraan bermotor untuk dorong pertumbuhan kredit

Beli Motor dan Mobil Baru Bisa DP 0 Persen!Ilustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Pelonggaran DP untuk kendaraan bermotor itu, menurut Perry, dilakukan agar dapat mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif. Ia memastikan bahwa kebijakan tersebut diterapkan dengan pertimbangan yang matang.

"Dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko," tutur Perry.

2. Relaksasi pajak bagi pembelian mobil baru

Beli Motor dan Mobil Baru Bisa DP 0 Persen!MG Motor Indonesia

Baca Juga: Relaksasi PPnBM Berlaku Maret, Deretan Mobil Ini Bakal Banting Harga!

Diberitakan sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk memberlakukan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk industri otomotif, khususnya pembelian mobil baru, mulai Maret 2021.

Tidak semua mobil baru mendapatkan relaksasi PPnBM. Pemerintah telah menetapkan kriteria khusus mobil apa saja yang masuk dalam program relaksasi PPnBM. Kriteria tersebut yaitu mesin mobil harus di bawah 1500 cc, berpenggerak roda 4x2, dan mengandung konten lokal sebesar 70 persen.

Relaksasi PPnBM ini akan diberlakukan dalam tiga tahap, yakni Maret-Mei berlaku PPnBM sebesar 0 persen.

Lalu Juni-Agustus berlaku PPnBM sebesar 50 persen. Sementara pada akhir tahun atau September-November berlaku PPnBM sebesar 25 persen.

Jika menilik skenario tersebut, besar kemungkinan mobil akan laris manis pada Maret-Mei. Sebab pada periode tersebut ada Idulfitri.

3. Relaskasi kredit untuk kendaraan bermotor dan mobil sebagai bentuk sinergi pemerintah, BI, OJK dan LPS

Beli Motor dan Mobil Baru Bisa DP 0 Persen!IDN Times/Indiana Malia

Perry menegaskan bahwa kebijakan relaksasi kredit untuk kendaraan bermotor serta insentif PPnBM untuk mobil sebagai bentuk sinergi yang kuat antara pemerintah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan LPS dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui percepatan pemberian kredit untuk pembiayaan dunia usaha.

"Makanya mengeluarkan kebijakan PPnBM, BI mengeluarkan kebijakan uang umuka 0 persen untuk kendaraan bermotor," katanya.

Baca Juga: Bank Indonesia Turunkan Suku Bunga Acuan, Jadi 3,5 Persen

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya