Comscore Tracker

Masuk Mal di Era New Normal, Ini yang Bakal Kamu Temukan dan Hadapi

#newnormal di mal, protokol kesehatan jadi kunci

Jakarta, IDN Times - Pemerintah pusat dan daerah tengah menyiapkan skenario yang disebut new normal. Salah satu wacana yang muncul adalah dibukanya kembali pusat perbelanjaan modern atau mal. 

Dibukanya kembali mal menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Bagi Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI), rencana itu tenru bagai angin segar. 

Bagi pihak mal ini adalah keputusan yang mencerahkan karena kondisi mereka telah terpuruk selama hampir tiga bulan.

"Kondisi wabah COVID-19 akan sangat mempengaruhi semua situasi dan kondisi, khususnya dalam menetapkan waktu atau jadwal operasional kembali pusat perbelanjaan," kata Wakil Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja saat dihubungi IDN Times, Kamis (28/5).

Namun, ada juga kalangan yang mengkhawatirkan mal menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 karena menjadi salah satu pusat berkerumunnya orang-orang. 

Protokol kesehatan apakah bisa dijalankan secara disiplin oleh pengelola, pemilik tenant, hingga pengunjung mal. 

Alphonzus berserah diri pada pemerintah bagaimana pengaturan pusat perbelanjaan begitu dibuka kembali nanti. Meski begitu, dia sudah memiliki bayangan dan standar-standar yang akan diterapkan ketika mal dibuka nanti.

Saat berkunjung ke mal di era new normal nanti, kurang lebih seperti ini yang akan kamu rasakan:

1. Jangan berharap terlalu banyak, tidak semua tenant atau toko langsung buka

Masuk Mal di Era New Normal, Ini yang Bakal Kamu Temukan dan HadapiSuasana di salah satu pusat perbelanjaan Palembang di masa COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kalau kamu sudah tidak tahan ingin belanja di mal, tampaknya kamu harus sedikit bersabar karena tidak semua toko akan langsung dibuka.

"Akan dilakukan secara bertahap. Sejauh yang saya ketahui, sekarang pemerintah sedang mengkaji tentang hal tersebut," kata Alphonzus.

Baca Juga: Jelang New Normal Jabar, Dinkes Minta Mal Batasi Jumlah Pengunjung

2. Ke mal, kamu wajib menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak

Masuk Mal di Era New Normal, Ini yang Bakal Kamu Temukan dan HadapiSuasana di salah satu pusat perbelanjaan Palembang di masa COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Protokol kesehatan menjadi hal yang harus diperhatikan ketika mal memang dibuka, pada akhirnya di tengah pandemik COVID-19 ini. Alphonzus mengatakan akan ada pengaturan karyawan pusat perbelanjaan, karyawan penyewa, karyawan mitra kerja, dan pengunjung.

Nantinya, mereka semua harus mematuhi peraturan yang diberlakukan. Mulai dari menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh hingga pembatasan jarak dan jumlah orang saat masuk mal, toko, elevator, eskalator, toilet dan lainnya.

"Intinya pembatasan jumlah orang yang berkumpul," ucapnya.

3. Akan ada petugas yang berjaga mengawasi keramaian

Masuk Mal di Era New Normal, Ini yang Bakal Kamu Temukan dan HadapiSuasana di salah satu pusat perbelanjaan Palembang di masa COVID-19 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kamu termasuk yang suka berkumpul bersama teman atau keluarga di mal? Di masa kenormalan baru di mal ini, kamu harus mengerem kebiasaan tersebut. Karena akan ada petugas khusus yang akan selalu berkeliling untuk mengingatkan dan menegur semua pihak yang belum memenuhi protokol kesehatan.

Diberitakan sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembukaan mal di DKI Jakarta tergantung evaluasi PSBB. Jika kasus semakin menurun, kemungkinan normal baru dimulai Juni.

"DKI masih PSBB sampai 4 Juni, maka belum ada rencana lain menunggu PSBB dua minggu ini, dan DKI masih menunggu harapan terkait dengan monitoring arus mudik dan diharapkan dalam dua minggu ini bisa terjadi penurunan," ujar Airlangga.

Baca Juga: Jadi Prototipe New Normal, Bekasi Mulai Buka Mal 4 Juni Mendatang

Masuk Mal di Era New Normal, Ini yang Bakal Kamu Temukan dan HadapiIDN Times/Sukma Shakti

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya