Comscore Tracker

Bos Bukalapak Fajrin Rasyid Ditunjuk Jadi Direktur Telkom

Dikonfirmasi, Erick Thohir tidak membantah

Jakarta, IDN Times - Bos Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid ditunjuk menjadi salah Direktur Digital PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Salah satu sumber IDN Times membenarkan penunjukan Fajrin tersebut.

Fadjin resmi menjadi direktur PT Telkom itu melalui RUPS yang digelar pada Jumat (19/6). 

"Dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Telkom Pukul 14.00 WIB ini, Fajrin Bukalapak akan diangkat jadi direktur digital," kata sumber IDN Times yang tak mau disebut namanya itu pada hari ini. 

Ketika IDN Times mencoba menanyakan hal tersebut ke Menteri BUMN, Erick Thohir, ia tidak membantah perihal posisi baru Fajrin. 

Baca Juga: Dikabarkan Calon Direksi Telkom, Fajrin Masih Presiden Bukalapak

1. Fajrin menjadi millennial pertama

Bos Bukalapak Fajrin Rasyid Ditunjuk Jadi Direktur TelkomErick Thohir saat menghadiri Sidang Kabinet Paripurna yang kembali digelar secara tatap muka di Istana Negara pada 18 Juni 2020 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Fajrin menjadi millennial pertama yang dipilih oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk duduk sebagai direksi di perusahaan BUMN. 

"Saya percaya perubahan dari generasi muda. Makanya Telkom nanti salah satu direksinya usia di bawah 40 tahun," kata Erick dalam webinar Ngobrol Seru "New Normal or The Great Reset: Life After Pandemic COVID-19" bersama IDN Times pada Sabtu (13/6).

Eks bos Inter Milan itu ingin menjadikan BUMN sebagai perusahaan yang inklusif dan tidak didominasi oleh golongan tertentu saja. "Saya mau ada 15 persen (karyawan) perempuan, 5 persen dari millennial," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Ini Tantangan yang Harus Dihadapi Calon Direktur Millennial Telkom

2. Fadjrin pernah bekerja di sektor telekomunikasi

Bos Bukalapak Fajrin Rasyid Ditunjuk Jadi Direktur TelkomCo-founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid (kiri) bersama Chief Communication Officer DANA, Chrisma Albandjar (kanan) dalam temu media di kantor Bukalapak, Jakarta, Kamis (27/9/2018) (ANTARA News/Arindra Meodia)

Sebelum mendirikan Bukalapak, Fajrin sempat bekerja sebagai konsultan bisnis di Boston Consulting Group (BCG). Saat itu Fajrin juga bekerja paruh waktu untuk membantu sahabatnya, Ahmad Zaky, mengurus keuangan Bukalapak. Kemudian pada tahun 2011 Fajrin memutuskan berhenti di BCG dan fokus di Bukalapak.

Fajrin juga pernah bekerja di perusahaan telekomunikasi, Indosat, sebagai web developer. Namun kiprahnya di Indosat kurang dari satu tahun.

3. Semasa kuliah, Fadjrin sempat membuka usaha mi ayam

Bos Bukalapak Fajrin Rasyid Ditunjuk Jadi Direktur TelkomCo-founder dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid (ANTARA News/Arindra Meodia)

Semasa kuliah, Fajrin pernah berjualan mi ayam semasa kuliah demi mencari uang tambahan. Kala itu dia berjualan bersama Ahmad Zaky di depan asrama mereka.

Mengutip beberapa sumber, mi ayam yang dia jual Fajrin dan Zaky sepi pembeli, sehingga membuat mereka harus menutup bisnis tersebut.

Meski begitu, pria lulusan Teknik Informatika ITB ini pernah menimba ilmu di Harvard Business School dan Stanford University Graduate School of Business. Fajrin terkenal pintar sejak dulu, saat lulus dari ITB pada tahun 2010 dia meraih predikat Summa Cumlaude (IPK 4,0).

https://www.youtube.com/embed/Dn6ihHHvlOQ

Baca Juga: Dikabarkan Bakal Jadi Direksi Telkom, Fajrin Masih Presiden Bukalapak

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya