Comscore Tracker

Lagi Bikin Kue Lebaran? Nih Perbedaan TBM, SP, dan Ovalett!

Ketiganya sama-sama cake emulsifier loh

Tak terasa, bulan Ramadan berakhir dalam hitungan hari. Jelang Lebaran, beberapa orang memilih untuk membuat kue dan cake sendiri agar lebih hemat. Termasuk kamu?

Nah, dalam membuat cake, ada bahan-bahan yang perlu kamu ketahui perbedaannya sehingga cake yang kamu hasilkan benar-benar mantap, lembut, dan tentu saja enak.

Ya, saat membuat cake, kamu membutuhkan yang namanya cake emulsifier. Bahan ini berfungsi sebagai pengemulsi atau penyatu bahan-bahan kue. Walaupun tak sekuat baking powder, bahan tersebut juga bisa menjadi pengembang kue.

Hasilnya, adonan akan lembut dan berpori halus. 

Di pasaran, ada tiga nama cake emulsifier yang terkenal, yakni TBM, ovalet, dan SP. Sama fungsinya, lalu apa perbedaan ketiganya? 

1. TBM

Lagi Bikin Kue Lebaran? Nih Perbedaan TBM, SP, dan Ovalett!Pixabay/congerdesign

Secara garis besar, ketiganya memiliki fungsi serupa, yakni sebagai pelembut kue. Perbedaannya terletak pada kualitas!

 TBM punya komposisi yang lebih kompleks dibandingkan ovalet. Penggunaannya sekitar satu sendok teh untuk lima butir telur.

Umumnya, TBM bisa digunakan dalam memperbaiki tekstur adonan. Kalau kamu ingin mencampurkan mentega dan gula yang telah mengembang dengan telur, bahan ini sangat membantu loh.

2. Ovalett

Lagi Bikin Kue Lebaran? Nih Perbedaan TBM, SP, dan Ovalett!aziatische-ingredienten.nl

Keunikan ovalett terletak pada kandungan asam lemak dari hewan atau tumbuhan. Ada baiknya kamu mengecek apakah ovalet yang kamu beli mengantongi sertifikat halal atau tidak. 

Ovalett bisa menstabilkan adonan supaya homogen dan tidak mudah turun saat dikocok. Telur dan mentega bisa tercampur rata menggunakan ovalett. Hasil kue jadi lebih lembut, tapi sedikit agak basah.

Baca Juga: 10 Jenis Garam yang Harus Kamu Tahu, Kegunaannya Beda-beda Lho!

3. SP

Lagi Bikin Kue Lebaran? Nih Perbedaan TBM, SP, dan Ovalett!tokopedia.com

SP biasa digunakan kalau resepnya membutuhkan telur yang dikocok hingga mengembang kaku. Adonan tidak mudah turun dan bisa menyatu dengan baik.

Kandungannya sama dengan ovalett, yakni menggunakan produk hewani. Ada pula kandungan kimia berupa ryoto ester (gula ester), seperti asam stearat, palmitic, dan oleic.

 

Baca Juga: 10 Perbedaan Pie dan Pia yang Harus Kamu Tahu, biar Gak Salah Pilih

Nah, begitu penjelasan singkat mengenai TBM, SP, dan ovalett. Ketiga bahan di atas bisa kamu gunakan saat membuat kue, tergantung ketersediaannya.  Komposisi penggunaannya juga relatif sama, yakni satu sendok teh untuk lima butir telur. 

Selamat membuat kue Lebaran yaaa

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya