Comscore Tracker

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Stres

Selain bau, kamu lebih mudah mempunyai masalah kulit lainnya

Stres lebih banyak disebabkan karena banyak tekanan. Baik itu karena pekerjaan, lingkungan, ataupun hubungan. Namun stres ternyata juga bisa dipicu karena jarang mandi, selain memberi beberapa permasalahan kesehatan terutama terkait kulit.

Dalam jurnal dari NCBI berjudul “Physical and Mental Effects of Bathing: A Randomized Intervention Study”, ditemukan fakta jika mandi memiliki efek fisik maupun mental pada tubuh. Kegiatan tersebut mampu mengenyahkan rasa lelah, sakit, stres bahkan memberikan senyuman bagi mereka yang melakukannya.

1. Stres dan jarang mandi punya keterkaitan

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Streslamenteemeravigliosa.it

Penelitian dari jurnal NCBI di 2018 mengatakan, mandi bisa melepaskan rasa stres. Dari sini bisa dibalik kalau rasa stresmu tidak akan hilang jika kamu tidak mandi. Stres yang menumpuk ternyata sedikit banyak bakal mendorongmu malas melakukan kegiatan. Pada akhirnya, kegiatan penting seperti mandi yang sudah jarang dilakukan bisa memengaruhi kesehatan fisik tubuh.

2. Risiko lebih besar untuk terkena penyakit

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Stresmedicalnewstoday.com

Sudah dijelaskan jika ada penumpukan bakteri di tubuh jika tidak mandi. Dalam beberapa kasus, bakteri yang menumpuk di kulit adalah bakteri berbahaya yang bisa memberikan penyakit parah.

Bahkan bisa jadi hadir virus pula. Dengan tidak mandi besar kemungkinan bagimu untuk terkena penyakit.

3. Jarang mandi sebabkan iritasi pada kulit

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Strespixaby.com/kjerstin_Michaela

Secara tidak sadar tubuhmu memproduksi minyak. Dalam tulisan verywellhealth.com, minyak tersebut digunakan agar kulit dan rambut tidak lembap.

Penumpukan minyak pada kulit akibat jarang mandi bukan tidak mungkin menyebabkan adanya iritasi kulit. Salah satu dampak yang bisa kamu lihat adalah jerawat.

Baca Juga: Langsung Mandi Setelah Olahraga, Waspada Bahaya Ini Mengintaimu

4. Timbulkan bau badan

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Stresgeniusphar

Bau badan memang tidak bisa dihilangkan hanya dengan mandi, tapi jika mandi tidak dilakukan sama sekali bisa memperparah bau badanmu. Penumpukan mikroorganisme di tubuh tak hanya memungkinkanmu terkena penyakit, tetapi juga memunculkan bau badan.

Menurut jurnal Microbiome yang dirilis pada 2018, beberapa bakteri yang diasosiasikan dengan bau badan adalah Staphylococcus hominis, Staphylococcus epidermidis, dan Cutibacterium avidum.

5. Menjadi lebih paranoid

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Stresfakingnews.com

Jarang mandi memiliki pengaruh mental. Bisa jadi pengaruh mental tersebut nantinya berhubungan dengan kondisi sosialmu. Jika kamu adalah orang yang cukup memikirkan pandangan orang, kamu bisa paranoid terhadap pandangan orang akibat tidak mandi. Kamu takut orang-orang dapat mencium bau badanmu dan merasa orang-orang menjauhi dirimu.

6. Sudah pasti sebabkan kulit kering

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Streslipaniskincare.com

Kita memproduksi minyak untuk melembapkan kulit. Tapi minyak alami itu tidak cukup, kelembaban di tubuh kita masih membutuhkan peran air dari luar. Karena sebenarnya, ia memiliki kemampuan menyerap.

Jurnal NCBI tulisan Blattner CM, Coman G, Blickenstaff NR, dan Maibach HI malah menyebutkan kulit akan lebih mudah dimasuki air ketika suasananya hangat ketimbang dingin.

7. Warna kulit menjadi berubah

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Streslorealparisusa.com

Ini bisa terjadi jika ada iritasi di kulitmu. Dinamakan dermatitis neglecta, atau masalah kesehatan langka yang disebabkan karena tidak menjaga higienitas tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan karena penumpukan debu di kulit yang seharusnya bisa hilang jika kamu mau mandi.

8. Gatal-gatal pada kulit

Ternyata, Jarang Mandi Juga Bisa Sebabkan Streswebmd.com

Kehidupan manusia selalu dikelilingi oleh bakteri dan mikroorganisme lainnya. Tidak mandi membuat mikroorganisme di tubuh itu terkumpul.

Efek yang paling mudah dirasakan karena jarang mandi adalah kulit gatal. Menurut James Meadow, salah satu penulis jurnal mikroba di PeerJ yang diwawancara Wired, mengatakan setidaknya tiap satu sentimeter di kulit kita memiliki ribuan bakteri.

Beraktivitas di rumah bukan berarti kamu malas mand, ya. Ada kebersihan yang harus dijaga, dan ada pula mental yang membutuhkan ketenangan jiwa hanya dengan mandi.

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya