Comscore Tracker

Cara Pakai Masker Ganda yang Benar untuk Waspadai COVID-19

Tahukah kamu, masker bisa melindungi kamu hingga 80 persen!

Dunia, termasuk Indonesia, masih terus berjuang melawan penyebaran COVID-19, penyakit yang disebabkan virus corona varian baru. Bahkan, Indonesia kini masuk kategori darurat karena kasus baru COVID-19 melonjak.

Kamu pasti sudah membaca berita, beberapa hari terakhir. Media massa "dihiasi" pemberitaan mengenai penuhnya rumah sakit, hingga pencarian tabung oksigen. 

Nah, supaya kamu terlindungi dari wabah ini, protokol kesehatan menjadi salah satu faktor penting. Utamanya, ketika keluar rumah, pakai masker secara disiplin dan jauhi kerumunan.

Salah satu hal yang kini disarankan para ahli adalah mengenakan masker ganda. Seperti apakah itu? Simak nih penjelasannya 

1. Alasan mengapa kamu disarankan pakai masker ganda

Cara Pakai Masker Ganda yang Benar untuk Waspadai COVID-19ilustrasi pemakaian masker tunggal dan ganda (Berbagai sumber)

Masker medis (3 ply) atau masker kain, selama ini, masih menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk mencegah COVID-19. Termasuk kamu kan?

Sayang sekali, keduanya ternyata memiliki kekurangan masing-masing.

Masker medis tidak benar-benar pas di wajah, sehingga masih ada rongga di bagian bawah, atas, dan samping. Celah tersebut dapat menjadi jalan masuk partikel berisi virus dari luar. Sementara itu, masker kain tidak memiliki kerapatan setinggi masker medis. 

Padahal, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar kita menggunakan masker yang benar-benar fit di wajah serta memiliki lapisan yang bisa mencegah lalu-lalang droplet. Nah, dari situlah saran double masking atau pemakaian masker ganda muncul. 

2. Masker ganda dinilai bisa menyaring udara secara lebih efisien dibanding masker tunggal

Cara Pakai Masker Ganda yang Benar untuk Waspadai COVID-19infografis pemakaian masker ganda (IDN Times/Izza Namira)

Laporan berjudul "Fitted Filtration Efficiency of Double Masking During the COVID-19 Pandemic" menganalisis Fitted Filtration Efficiency (FFE) dari masker medis, kain, dan masker ganda. FFE adalah persentase yang menunjukkan seberapa efisien sebuah masker untuk melakukan filtrasi udara.

Berikut ini hasil laporan yang tertuang dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada April 2021 itu: 

  • Masker medis (tunggal): 43-62 persen efisien melakukan filtrasi;
  • Masker kain (tunggal): 41-44 persen efisien melakukan filtrasi;
  • Kombinasi masker medis dan kain: 66-81 persen efisien melakukan filtrasi.

Dari hasil di atas, bisa disimpulkan bahwa kombinasi antara masker medis dan kain jauh lebih efektif untuk menyaring udara. Bukan hanya karena lapisan yang bertambah, hal ini dimungkinkan terjadi karena masker kain mampu membuat pemakaian masker medis di bawahnya lebih ketat terhadap wajah kita. Hal ini meminimalkan celah bagi udara luar untuk masuk. 

Data lain juga mengatakan hal yang serupa. Dilansir Healthline, simulasi yang dilakukan CDC menunjukkan bahwa pemakaian masker ganda efektif menghalangi partikel aerosol hingga 85,4 persen. Sementara itu, skor masker medis tunggal adalah 56,1 persen dan kain hanya mampu menghalangi 51,4 persen. 

Baca Juga: 5 Pertimbangan untuk Mengenakan Masker atau Tidak Saat di dalam Mobil

3. Do's dan dont's memakai masker ganda yang disarankan oleh para ahli. Catat guys!

Cara Pakai Masker Ganda yang Benar untuk Waspadai COVID-19ilustrasi pemakaian masker ganda (wexnermedical.osu.edu)

Bisa disimpulkan dari penjelasan di atas bahwa untuk double masking, gunakanlah masker medis di bawah masker kain. CDC juga menambahkan, kita harus memastikan agar keduanya benar-benar melindungi area mulut dan hidung secara rapat. 

Lalu, kamu mungkin bertanya-tanya, jika FFE masker medis lebih tinggi daripada kain, kenapa tidak double masking menggunakan jenis masker itu saja?

Ternyata ketika kita menumpuk dua masker medis secara bersamaan, tingkat filtrasinya tidak akan berbeda jauh. Sebab, seperti yang disampaikan di atas, masker tersebut tidak bisa menutup wajah kita dengan sempurna. Menumpuknya adalah langkah yang percuma. 

Cara lain yang juga disarankan oleh CDC untuk meminimalkan celah masker adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah masker medis yang memiliki kawat di bagian hidung;
  • Gunakan masker tersebut dengan bracket di bagian luar agar lebih pas.

4. Jika hanya punya masker medis, gunakan cara ini agar lebih terlindungi

https://www.youtube.com/embed/GzTAZDsNBe0

Berikutnya, bagaimana jika kita hanya memiliki masker medis saat ini? Tak perlu khawatir, kamu bisa lebih terlindungi dengan menerapkan metode "knot and tuck" atau membuat simpul di ujung masker.

Kamu bisa melihat caranya dari video di atas. Bukan hanya itu, kamu juga harus memasukkan ujung masker yang terlipat ke arah dalam. Dengan begitu, masker medis pun tidak lagi memiliki celah. 

5. Apakah masker KF94, KN95, dan N95 perlu didobel?

Cara Pakai Masker Ganda yang Benar untuk Waspadai COVID-19Infografis masker ganda (IDN Times/Izza Namira)

Sebagai alternatif masker medis, sebagian orang memilih mengenakan masker KF94, KN95, dan N95. Ketiganya sama-sama memiliki lapisan yang lebih tebal, cenderung besar, dan dinilai lebih nyaman untuk bernapas.

Lalu apakah kita juga harus menumpuknya dengan masker kain? Jawabannya tidak.

Alasannya, ketiga masker itu telah dirancang agar benar-benar pas dengan wajah kita tanpa menyisakan celah. Jadi, kita tak perlu melakukan double masking saat menggunakannya, asalkan benar-benar menutup.

Selain itu, KF94, KN95, dan N95 umumnya menggunakan lebih dari tiga lapis bahan. KF94 memiliki efektivitas penyaringan partikel sebesar 94 persen, sementara KN95 dan N95 sebesar 95 persen. Walaupun begitu, harganya relatif lebih mahal dibandingkan masker medis biasa. 

Baca Juga: Perbandingan 7 Jenis Vaksin COVID-19 yang Akan Dipakai Indonesia

Nah, dari penjelasan di atas, semoga kamu bisa menerapkan masker secara disiplin ya. Dan ingat, ganti masker setiap 4 jam sekali!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya