Comscore Tracker

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Sperma

Penting banget nih buat pasangan yang menantikan momongan

Dalam berumah tangga, momongan menjadi salah satu yang paling dinanti. Ada pasangan yang muda mendapatkan momongan, namun di sisi lain, ada yang harus mendapatkan pertolongan medis. 

Ya, untuk mendapatkan momongan, baik suami maupun istri, haruslah dalam kondisi prima. Nah, khusus bagi sang suami, sperma dengan kualitas yang baik tentu menjadi syarat penting dalam perencanaan kehamilan dan bisa menjadi indikator kondisi kesehatan tubuh seluruhnya.

Para ahli menemukan bahwa terjadi penurunan kesuburan pria dalam beberapa dekade terakhir. Dari 1 dari 8 pasangan mengalami kesulitan hamil. Dan dari 1 dari 3 kasus tersebut masalahnya ada pada pria.

Pola hidup yang tidak sehat menjadi penyebab menurunnya kualitas sperma. Tapi tenang, ada 8 cara agar meningkatkan kualitas sperma. 

1. Olahraga yang cukup

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Spermapexels.com/Oliver Sjostrom

Kuncinya adalah berolahragalah dengan cukup. Tidak kurang, apalagi berlebihan. 

Sebab, tidak berolahraga dan olahraga yang berlebihan sama-sama dapat mengurangi jumlah sperma loh.

Olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan cepat atau berenang selama 20 menit sebanyak 3 kali seminggu karena itu tidak berpengaruh pada produksi sperma.

2. Jangan sampai dehidrasi

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas SpermaIlustrasi Minum Air (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk meningkatkan jumlah sperma, hindari dehidrasi karena air adalah hal yang sangat penting dalam metabolisme.

Minumlah air putih dan minuman-minuman sehat lainnya seperti jus buah atau yoghurt. Minumlah air, setidaknya 2-4 liter setiap hari.

3. Berhenti merokok

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Spermapexels.com/nappy

Masuknya asap rokok ke dalam tubuh berpengaruh pada kualitas sperma. Studi juga menemukan bahwa pasangan yang merokok atau hanya sang pria saja merokok meningkatkan jumlah keguguran hingga 64 persen loh. 

4. Kurangi makanan berbasis kedelai

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Spermapexels.com/Kaboompics

Jika kamu tengah memulai program untuk memiliki momongan bersama pasangan, kamu sebaiknya menghindari makanan berbahan kedelai, seperti tempe dan tahu. Mengapa?

Menurut Jorge Chavarro dari Harvard School of Public Health di Boston, pria yang mengonsumsi banyak makanan berbasis kedelai memiliki jumlah sperma lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Rupanya, kedelai mengandung fitoestrogen (hormon pada tanaman yang mirip dengan estrogen manusia).

Baca Juga: Hey Big Boys, Inilah 7 Cara untuk Membuat Kualitas Spermamu Lebih Baik

5. Perbanyak asupan vitamin C

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Spermapexels.com/Engin Akyurt

Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Beberapa studi telah membuktikan bahwa konsumsi vitamin C yang rutin dapat meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok. 16 persen dari seluruh pria mandul disebabkan oleh menggumpalnya sperma akibat kurang vitamin C.

6. Hindari panas berlebih di sekitar testis

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Spermapexels.com/Pixabay

Suhu tinggi berpengaruh buruk bagi kualitas sperma. Maka dari itu penting bagi pria untuk mengindari panas berlebih di sekitar testis berupa mandi air hangat, spa, sauna, dan meletakkan ponsel di saku celana ya. 

7. Hindari narkoba

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Spermaunsplash.com/Wesley Gibbs

Konsumsi ganja dan obat-obat terlarang lainnya selama jangka panjang dapat menurunkan jumlah produksi sperma dan mengacaukan pola perkembangan sperma.

8. Perhatikan konsumsi antibiotik

Catat! 8 Cara Tingkatkan Kualitas Spermapexels.com/Pixabay

Beberapa jenis antibiotik ternyata dapat menurunkan jumlah sperma dan kelincahan sperma. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa studi. Antibiotik yang tergolong di dalamnya adalah jenis nitrofuran dan eritromisin.

Baca Juga: Waspada Guys, 7 Kebiasaan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Spermamu

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya