TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Susun Rutinitas Pagi, Bikin Harimu Positif

Mulailah harimu dengan kegembiraan hati

ilustrasi bangun lebih awal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rutinitas pagi yang teratur dan efektif adalah kunci memulai hari dengan baik dan produktif. Saat mengalami pagi yang tertata, kamu bakal cenderung lebih siap menghadapi tugas-tugas yang menanti beserta tantangannya dengan kegembiraan hati.

Dari bangun tidur sampai persiapan memulai aktivitas kerja, yuk susun rutinitas pagimu supaya membawa hasil positif sepanjang hari. Berikut enam tipsnya yang bisa dibiasakan untuk memaksimalkan potensi diri menghadapi hari dengan semangat tinggi.

Baca Juga: 5 Tips untuk Stop Kebiasaan Menunda Pekerjaan, Yuk Disiplin

1. Setelah bangun, duduklah dengan tenang, sambil bersyukur

Bangun tidur tanpa tergesa-gesa membuka ponsel, dan duduklah tenang sambil bersyukur. Ini langkah awal untuk mengisi pikiran dengan hal positif. Pagi hari adalah waktu yang tepat untukmu menghargai kehidupan dengan segala kebaikannya.

Duduklah sejenak, tarik napas dalam, pejamkan mata dan syukuri hal-hal kecil yang masih bisa kamu rasakan. Buka matamu, lalu beranjaklah dari tempat tidur untuk membuka jendela kamar, rasakan udara segarnya, hirup perlahan-lahan.

Rutinitas ini membantumu mengawali hari dengan sikap positif dan optimis. Luangkan sekitar 5 menit, dan biarkan pikiranmu tenang, maka rasakan pasti lebih siap dengan semangat yang baru.

2. Gerakan olahraga ringan bisa meningkatkan energimu

Setelah mengisi pikiran dengan rasa syukur dan ketenangan, selanjutnya kamu bisa  berolahraga ringan kurang lebih selama 10 menit. Ini efektif meningkatkan energi untuk giat dan kuat menjalani kesibukan. Berolahraga juga meningkatkan fokus dan konsentrasimu dalam mengerjakan tugas-tugas kewajiban.

Jika keringat sudah mulai mengering, persiapan mandi dengan air hangat. Ini menambah kesegaran sekaligus menjadi rutinitas perawatan tubuh dan kulit sehatmu. Semakin semangat dan berenergi tinggi.

3. Jangan lewatkan sarapan dengan menu bergizi

Setelah merawat pikiran dan tubuh, persiapkan makanan untuk sarapan sehatmu. Pilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti, potongan buah segar, roti gandum, atau telur rebus. Pilihan menu sarapan yang bagus karena mengandung serat dan energi yang bertahan lama.

Sarapan sederhana, namun cukup gizinya menambah energi dan rasa gembira di hati. Tubuh bugar, pikiran segar dan jernih, serta suasana hati baik. Jadi, jangan lagi malas sarapan sehat dalam rutinitas pagimu, ya.

4. Untuk membantu pikiran lebih fokus pada tugas, tulislah rencana harianmu

Lanjutkan rutinitas pagi positif dengan menulis rencana kegiatan untuk hari ini. Menuliskan rencana ini bisa membantumu mengatur pikiran supaya lebih fokus pada tugas-tugas prioritas, sehingga harimu akan berjalan efisien dan efektif.

Buat daftar tugas dan kegiatan yang perlu diselesaikan hari ini. Prioritaskan tugas berdasarkan tingkatan urgensinya. Ini menjadi panduan yang jelas tentang apa saja yang perlu kamu lakukan di jam-jam tertentu. Produktivitas kian naik, sekaligus stresnya berkurang.

5. Sebagai rutinitas penambah semangat, kamu juga bisa menulis kreatif

Jika tak sangat buru-buru, untuk menambah semangatmu, luangkan waktu di pagi hari untuk menulis kreatif. Ini bukan sekadar sarana ekspresi diri, tapi juga mengembangkan kreativitas dan imajinasimu.

Kamu bisa menulis jurnal rasa syukur, mencatat ide-ide cemerlang yang terlintas di pikiran, maupun perasaan dan pengalaman yang menggembirakan. Selain itu, bisa juga mengembangkan ide proyekmu.

Kamu bisa memaksimalkan waktu pagi untuk mengembangkan ide-ide. Ini juga akan membantumu tetap termotivasi dalam menjalani kegiatan nanti.

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya