Comscore Tracker

6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulus

Sebelum menyesal tak berkesudahan, jangan lakukan!

Siapa sih yang gak pengen lulus cepat-cepat, apalagi jika orangtua mulai kasih warning. Meski demikian, jangan lakukan kesalahan-kesalahan ini hanya karena ingin cepat lulus.

Tidak semua mahasiswa yang lulus dapat meraih kesuksesan dalam karier, atau langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Bisa jadi, ini akibat kesalahan yang mereka lakukan, baik secara sengaja maupun tidak. 

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang semasa kuliah. Jika kamu masih kuliah, pastikan gak kamu lakukan ya

1. Menyia-nyiakan dan menyepelekan kuliah

6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulusunsplash/Siora Photography

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan adalah menyia-nyiakan waktu kuliah. Apalagi, jika jurusan kuliah tidak sesuai dengan keinginan hati.

Hal itu, tidak boleh kamu lakukan ya. Perlu kamu tahu, tidak semua orang loh bisa menikmati bangku kuliah.

Oleh karena itu, bagi kamu yang masih berada di bangku kuliah, sebaiknya lebih fokus lah dengan studi yang kamu emban. Jangan sampai kamu merasa tidak mendapatkan apa-apa, termasuk ilmu, ketika lulus kuliah nanti.

2. Tidak mengasah kemampuan dalam berbahasa asing

6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulusunsplash/sean Kong

Ini adalah kesalahan umum lainnya yang dilakukan mahasiswa. Di tengah era globalisasi, bahasa asing adalah hal penting untuk kamu kuasai.

Saat ini hal tersebut justru menjadi salah satu persyaratan yang diberikan oleh beberapa perusahaan. Oleh karenanya, tidak memperdalam berbahasa asing bisa memperkecil peluang kerja nantinya.

3. Tidak mengejar program beasiswa

6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah LulusPexels/Andrea Piacquadio

Program beasiswa merupakan salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan berupa bantuan dana, memperluas jaringan, serta peluang kerja yang lebih baik. Apalagi saat ini beberapa perusahaan, baik swasta maupun pemerintah menyediakan program beasiswa untuk menunjang anak muda menjadi lebih produktif dan memiliki pengalaman studi yang lebih baik.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan peluang lebih besar bekerja di tempat yang ternama, bukan?

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Mahasiswa Selama Kuliah

4. Salah dalam memilih tempat magang

6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulusunsplash/@studiorepublic

Ya, magang merupakan pintu awal kamu membuka jaringan ke dunia kerja. Magang, biasanya dilakukan mahasiswa tingkat akhir.

Saat mahasiswa salah memilih tempat magang, dia akan jadi sulit untuk berkembang.

Jadi, pilihlah perusahaan yang memiliki nama baik, dan cukup terkenal serta dapat memberikan pengalaman kerja yang baik. Dengan begitu, setelah lulus nanti kamu akan memiliki peluang langsung bekerja di perusahaan tersebut.

5. Kurang menjalin relasi dengan dosen, senior, dan junior

6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulusunsplash/LinkedIn Sales Navigator

Selain kemampuan yang memadai, relasi yang baik juga dibutuhkan dalam mencari kerja usai lulus kuliah. Oleh karena itu, sebaiknya jalin lah relasi dengan dosen, senior, dan junior kamu saat masih berkuliah. Tidak hanya itu, penting juga untuk menjalin hubungan dengan mahasiswa di kampus lain, atau orang lain dalam kegiatan seminar. 

6. Tidak terlibat dengan UKM

6 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulusunsplash/Akson

Tidak semua mahasiswa senang mengikuti kegiatan yang ada di kampus, seperti menjadi anggota UKM, Senat, atau BEM. Padahal, setiap universitas, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta telah menyediakannya sebagai wadah untuk pengembangan bakat para mahasiswa.

Akibatnya, setelah lulus, beberapa mahasiswa yang hanya memiliki kemampuan dalam bidang akreditasi akan sulit mendapatkan pekerjaan. Ini karena mereka tidak memiliki soft skill dan hard skill yang baik, serta portofolio yang menarik. 

Nah, sudah tahu kan apa saja kesalahan yang kerap dilakukan oleh mahasiswa dan membuat mereka menyesal setelah lulus. Jadi, jika kamu tidak ingin merasakan penyesalan yang sama, cobalah untuk tidak melakukannya, ya!

Baca Juga: Ingin Menjadi Mahasiswa Produktif? Kurangi 5 Kebiasaan Ini

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya