Comscore Tracker

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?

Jangan-jangan, sedang terjadi nih dalam hidup kamu

Apa sih quarter life crisis itu? Ini adalah masa di mana seseorang yang berusia 25 tahunan mempertanyakan hidupnya.

Simpelnya, otak kamu mempertanyakan alasannya lahir di bumi hingga bagaimana masa depan itu. Ini adalah momen puncak kedewasaan seseorang ini di mana seseorang mulai meninjau kembali masa lalunya, apa yang telah ia lakukan, apa yang ia dapatkan, dan bagaimana kehidupannya di masa datang.

Apakah kamu sudah mengalami? Atau, jangan-jangan pertanyaan-pertanyaan itu sedang muncul di benak kamu, saat ini. 

Coba cek deh dengan pertanyaan dan ciri khas yang kerap muncul saat quarter life crisis.

1. Kenapa aku lahir dan untuk apa aku harus hidup di dunia?

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Unsplash/Ben White

Bak filsuf, momen quarter life crisis dipenuhi pertanyaan-pertanyaan mendasar, namun penuh makna dan sulit.

MIsalnya, dua pertanyaan di atas. Pertanyaan sederhana tapi sulit ini, memang absurd dan tak bisa diprediksi namun menentukan arah hidupmu dalam 10 tahun atau lebih.

2. Kepikiran, jangan-jangan belum melakukan hal-hal terbaik dalam hidup

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pexels/energepic.com

Dulu, kamu ingin menikah di usia 25 tahun. Kamu ingin punya bisnis selepas kuliah. Kamu ingin memberangkatkan orangtuamu pergi haji.

Bagaimana kenyataannya? Tidak semudah itu, ternyata ya.

3. Sosial media menjadi tantangan juga

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pixabay/TheHilaryClark

Sosial media adalah musuh terbesarmu sejak teman-temanmu ramai-ramai mengirimkan undangan atau posting foto kelahiran anaknya. Di satu sisi, kamu senang.

Di sisi lain, kamu sebal seakan-akan foto-foto itu sedang mengejekmu yang belum berkeluarga.

Ya, medsos kerap kali bikin kamu cemas dan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.

4. Kamu gak bisa lagi bilang dua kalimat ini

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pexels/Rawpixel

 "Santai, semua pasti baik-baik aja!" atau "Gampang. Nanti pasti beres, kok!"

Apakah kamu termasuk yang sering menunda-nunda pekerjaan dengan mengatakan dua kalimat di atas? Salah alasan kamu menunda pekerjaan mungkin juga meremehkannya seakan-akan pekerjaan itu mudah.

Sekarang, semudah apa pun, tidak kamu anggap enteng karena kamu sadar waktumu tak banyak. Kamu juga masih harus mengerjakan hal-hal lain.

5. Kamu mulai pikir ulang karena baju kesukaanmu tak cocok lagi dengan usiamu sekarang

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pexels/bruce mars

Di masa muda, kamu mudah tergoda dengan barang diskon. Sekarang, diskon sebesar apa pun kamu mulai mikir karena kamu pun ingin mengubah penampilan yang sesuai dengan usiamu. Kamu gak mau dibilang anak remaja atau anak kuliah lagi.

Baca Juga: Sukses di Usia Paruh Baya, 11 Tokoh Ini Layak Jadi Teladan Millennial

6. Saat sedang ngobrol sama teman-teman, kamu menyangkal sekaligus memuji diri sendiri kalau masih muda

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pexels/Helena Lopes

Pernah gak kamu menyangkal usiamu sambil bercanda ke teman-teman? Atau saat berada di suatu situasi/lingkungan, kamu histeris karena kamu jadi yang paling tua?

Nah, ini menjadi salah satu tanda-tanda quarter life crisis.

7. Dilema: ingin menapaki puncak karier atau menikmati dunia selagi kamu bisa?

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pexels/rawpixel

Pernahkah kamu merasa kariermu bagus, tapi kamu tak menikmati karena bukan passion-mu? Atau pernahkan kamu bekerja di tempat yang bergengsi tapi kamu tak cocok bekerja di dalamnya? Ini pilihan yang sulit karena kamu bisa mendapatkan gaji tinggi dan jabatan di kantor sekarang. Tapi masalah lain datang karena kamu sebenarnya tak ingin bekerja di situ.

8. Kamu membeli barang-barang mahal agar diakui sebagai orang sukses walaupun sebenarnya belum!

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pexels/Burst

Buat kamu, belanja-belanja barang bermerek dan mahal itu melambangkan kesuksesan. Kamu bisa sekedar memamerkan barang itu ke orangtua dan teman, bisa juga membelikannya. Padahal dalam hati, dompetmu pun meringis karena uang kos bulanan belum terbayar.

9. Soal asmara atau jodoh juga penuh dilema

9 Tanda Quarter Life Crisis, Kamu Sudah Alami?Pexels/iPrice

Berbeda dengan pacaran di masa muda, pacaran di usia 25 tahunan barangkali membuatmu berbeda. Kalau tadinya kamu pacaran karena sekedar suka, sekarang kamu lebih ke arah mencari pasangan hidup. Tentunya kamu gak mau asal-asalan dan hanya memilih yang terbaik.

Kamu pun gak tahu harus berbuat apa karena terlalu banyak saran yang berbeda.

Baca Juga: Inspiratif, Ini 12 Tokoh yang Baru Sukses Setelah Kerja Serabutan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya