TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kelebihan dari Kebiasaan Mencuci Pakaian Sendiri

Lebih hemat, lebih cepat selesai, dan lebih mandiri

ilustrasi mencuci pakaian (pexels.com/Sarah Chai)

Kesibukan sehari-hari dan cuaca yang tak menentu kadang membuat seseorang lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry. Dengan demikian, ada yang akan mengurus pakaian kotor dan beberapa hari kemudian akan kembali dengan keadaan bersih. Tidak ada lagi yang namanya kerepotan mencuci, menjemur, dan setrika.

Meski demikian beberapa orang masih setia dan sanggup untuk mengurus pakaian mereka sendiri. Ternyata, memang ada banyak keuntungannya sehingga kebiasaan ini masih terus berjalan, termasuk keenam poin yang akan dijabarkan di bawah ini.

Jadi, tim manakah kamu, pakai jasa laundry atau cuci sendiri?

Baca Juga: 5 Tips untuk Stop Kebiasaan Menunda Pekerjaan, Yuk Disiplin

1. Hemat biaya

Mencuci pakaianmu sendiri akan membuatmu hemat lantaran tidak ada pengeluaran terkait jasa cuci. Kamu cukup keluar uang untuk beli deterjen, pelembut, bayar tagihan air dan juga tagihan listrik bila kamu menggunakan mesin cuci.

Dengan demikian, uang yang ada bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya. Lumayan kan, uang yang kamu sisihkan bahkan bisa untuk membeli barang yang ingin kamu dambakan.

2. Tahu betul deterjen dan pelembut yang digunakan

Saat kamu memutuskan untuk mengurus cucianmu sendiri, kamu akan mulai mencari tahu berbagai macam jenis deterjen dan pelembut. Kamu bisa cari merk yang aroma dan kandungannya cocok dengan selera dan ekspektasimu.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang punya alergi terhadap bahan tertentu, kamu bisa menghindarinya saat memilih produk. Kamu pun bisa lebih sehat deh.

3. Melatih kemandirian

Sibuk dengan pekerjaan sehari-hari lantas bukan berarti kamu bisa mengacuhkan pakaian kotormu di pojok kamar. Kamu akan belajar menempatkan waktu khusus dalam satu hari untuk mencuci, menjemur, dan melipat kembali pakaianmu.

Kamu terlatih jadi pribadi mandiri yang bisa bertanggung jawab terhadap barang milik pribadi. 

4. Selesai lebih cepat

Mencuci pakaianmu sendiri tidak akan makan waktu untuk menunggu hingga pakaianmu kering. Apabila cuaca sedang bersahabat, kamu bisa dapatkan pakaianmu yang sudah bersih kurang dari sehari.

Pun cuaca buruk, kamu cukup menunggu keesokan harinya hingga kering. Dengan demikian, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama.

5. Privasi terjaga

Pakaianmu adalah tanggung jawabmu. Tentu kamu tidak ingin membiarkan tangan orang asing menyentuh beberapa pakaianmu tanpa sepengetahuanmu. Oleh karena itu, keputusan untuk mencuci pakaian sendiri memastikan bahwa privasimu aman.

Kamu urus sendiri pakaianmu tanpa campur tangan orang lain sehingga tidak perlu sungkan atau merasa malu.

Verified Writer

Khariton Tjahjadi

Menulis adalah jalan ninjaku merekam memori | IG: @kharitontj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya