Comscore Tracker

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Salah satunya, belajar sambil nonton film

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat diperlukan, terutama di tengah perkembangan zaman saat ini. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional, sehingga kamu wajib menguasainya. 

Sebagai bahasa yang paling umum, bahasa Inggris termasuk bahasa penghubung antar negara. Jika bisa bahasa Inggris, kita juga akan dipermudah untuk menerima ilmu dari luar tanpa kesulitan untuk berpikir dua kali.

Jika kamu belum berpikir untuk les, kamu bisa kok belajar bahasa yang satu ini dengan otodidak. Inilah 5 tips efektif belajar bahasa Inggris.

1. Nonton film

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi nonton (Unsplash.com/bermixstudio)

Belajar dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Nonton film bahasa Inggris adalah salah satu cara yang membantu kamu dalam kemampuan berbahasa. 

Kamu bisa lebih memahami percakapan dalam berbagai situasi dan beragam kata-kata baru dengan alur cerita. Bagi yang ingin meningkatkan kemampuan, menonton film bahasa lain seperti drama Korea juga bisa dilakukan dengan menyalakan subtitle bahasa Inggris untuk menemukan kosakata yang asing.

2. Dengarkan podcast

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi mendengarkan podcast (Unsplash.com/briant_raw)

Lebih fleksibel untuk mendengarkan podcast dimanapun daripada menonton film. Kemampuan mendengarkan kamu akan lebih baik jika sudah mengetahui beberapa dasarnya. 

Pilihlah pembahasan yang sesuai dengan ketertarikan kamu sehingga minat dan niat akan lebih tinggi. Beberapa podcast yang bisa kamu dengarkan 6 Minute English by BBC Radio, All Ear English Podcast, dan The British Culture Club.

Baca Juga: 5 Tips Menjalani Ibadah Puasa dengan Sehat, Tetap Semangat Yuk!

3. Catat kosa kata baru

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi mencatat (Unsplash.com/craftedbygc)

Menghafalkan sesuatu dalam jumlah yang banyak akan sulit dilakukan dalam sekali dengar atau baca. Supaya tidak lupa, kamu bisa mencatat kosakata baru yang kamu temukan di sebuah buku catatan. 

Seperti kamus kecil pribadi, kosakata yang kamu tuliskan adalah kosakata yang sudah kamu kenal sehingga bisa dibaca lagi untuk diingat. Menghafalkannya setiap hari sedikit demi sedikit akan sangat membantu.

4. Latihan ngobrol

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi ngobrol (Unsplash.com/wocintechchat)

Satu-satunya cara untuk memperlancar bahasa saat berbicara adalah latihan ngobrol. Kamu bisa dengan mulai berbincang dengan orang yang bisa bahasa Inggris. 

Saat diperhadapkan dengan situasi yang mendorong untuk kita berbicara dalam bahasa Inggris, di situlah kita akan terbiasa merespons. Kebiasaan yang dibangun dalam berkomunikasi akan membentuk otak kita yang lama-lama makin lancar ngobrol menggunakan bahasa Inggris.

5. Baca berita atau buku

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidakilustrasi baca buku (Unsplash.com/sarah_noltner)

Selain mendengar dan praktik berbicara, kemampuan membaca bisa kamu dapatkan dari membaca berita atau buku bahasa Inggris. Berita mengandung kata-kata yang banyak digunakan dalam kehidupan.

Kamu bisa mendapatkan informasi sekaligus memahami tata kalimat yang baik dalam bahasa Inggris. Buku lain juga bisa digunakan seperti novel yang kamu sukai, lho. 

 

Baca Juga: Restoran di Tangerang Selatan yang Terkenal

Beberapa tips di atas bisa dilakukan untuk mencapai hasil yang efektif dalam belajar bahasa Inggris. Jangan lupa untuk tetap menikmati, ya! Proses akan membuahi hasil.

agatha dominique Photo Community Writer agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya