Comscore Tracker

Lagi Hits, Nih 6 Jenis Alocasia Buat Percantik Rumah

Bentuknya unik, hijaunya bikin adem

Alocasia merupakan salah satu tanaman hias yang saat ini ikut naik daun, di tengah orang banyak beraktivitas di rumah karena pandemik. Daun beraneka bentuk dan unik menjadi salah satu alasan orang tertarik menanam alocasia.

Tanaman berdaun hati memanjang dari keluarga umbi-umbian ini, punya jenis beragam yang kerap buat mata terkesima. Warna daunnya pun beraneka ragam juga. 

Nah, ada beberapa jenis alocasia yang banyak diburu orang sehingga harganya pun iut melambung. Mana nih favorit kamu? 

1. Alocasia amazonica

Lagi Hits, Nih 6 Jenis Alocasia Buat Percantik Rumahhouseofkato.com

Alocasia amazonica merupakan salah satu jenis yang paling populer. Beberapa orang atau pedagang menyebutnya keladi/alocasia tengkorak. 

Sekilas, amazonica ini mirip Alocasia Polly, namun jenis ini memiliki warna daun datar hijau tua dengan kombinasi garis putih dan batangnya memanjang.

Memiliki bentuk hati dengan gelombang, membuat tanaman ini terlihat elok ditaruh dalam ruangan. Dengan perawatan yang benar, Alocasia amazonica tumbuh rimbun dan memberi suasana segar. Kamu bisa meletakkannya di pot warna putih agar estetis dilihat.

Di pasaran, tanaman ini bisa kamu dapatkan dengan harga di bawah Rp100 ribu. Namun, ada juga pedagang yang menjualnya di atas Rp100 ribu karena rimbun.

2. Alocasia Black Velvet

Lagi Hits, Nih 6 Jenis Alocasia Buat Percantik Rumahreddit.com

Alocasia Black Velvet juga dikenal sebagai Alocasia reginula. Alocasia ini diberi nama velvet karena ada aksen beludru di daunnya. 

Jenis Black Velvet memiliki daun yang relatif kecil dengan warna hitam kontras dan garis silver. Dia bisa tumbuh setinggi 30-40 cm.

Meski begitu, tanaman ini tetap layak kamu pajang di rumah karena warna daun menawan dengan garis silvernya. Kamu dapat menempatkan Alocasia Black Velvet di area bercahaya cukup dengan intensitas sepanjang hari.

Di pasaran, black velvet dijual di kisaran Rp100-200 ribu, tergantung jumlah daun. 

3. Alocasia cuprea

Lagi Hits, Nih 6 Jenis Alocasia Buat Percantik Rumahplantcircle.co

Alocasia cuprea memiliki daun yang bersinar menyerupai bahan metalik. Inilah kenapa Cuprea cukup menarik untuk dekorasi tanaman hias dalam ruangan. Selain amazonica, tanaman yang satu ini juga kerap disebut keladi tengkorak di pasaran. 

Daunnya berwarna dramatis dengan kombinasi hijau dan hitam. Alocasia cuprea juga cocok kamu aplikasikan buat hiasan dalam kotak terarium, lho!  Mampu tumbuh hingga 15 cm, Alocasia cuprea bisa kamu tempatkan pada pot dengan ukuran 14-15 cm.

Di pasaran, cuprea saat dijual cukup tinggi, di kisaran di atas Rp100 ribu. Bahkan, jika rimbun, cuprea bisa dijual hingga di atas Rp200 ribu loh di masa pandemik ini. Wow.

4. Alocasia dragon scale

Lagi Hits, Nih 6 Jenis Alocasia Buat Percantik RumahIDN Times/Ita

Tektur alocasia dragon scale ini sekilas mirip cuprea ya, hanya saja warnanya lebih hijau. Alocasia ini biasanya tumbuh subur di hutan-hutan kalimantan.  Gak heran, kamu bisa menemukan tanaman satu ini dari toko online dari Kalimantan sana. 

Mayoritas warna daun adalah hijau dengan nuansa silver. Bagaimana, eksotik ya. DI pasaran, dragon scale juga dijual di kisaran Rp100-200 ribu, namun lebih mudah dibanding cuprea. 

Baca Juga: Ide Tanaman Hias di Rumah ala Angela Gilsha, Aglonema hingga Monstera

5. Alocasia Frydek

Lagi Hits, Nih 6 Jenis Alocasia Buat Percantik Rumahcarousell.sg

Berikutnya adalah alocasia frydek atau kerap juga disebut neon. Daun alocasia ini memiliki permukaan lembut bila disentuh, seperti ada bulu halus.

Memiliki julukan glow in the dark, jenis Alocasia Frydek sanggup menyala dalam gelap lho! Bentuknya memanjang dengan ujung sedikit runcing dan berwarna hijau gelap. 

Selama masa tumbuh, tanaman dengan nama lain Alocasia micholitziana ini sebaiknya ditempatkan pada area bersuhu 18-24 derajat Celcius. Kamu bisa menaruh tanaman ini untuk mempermanis ruangan seperti dapur atau ruang tengah. 

Dibandingkan alocasia lainnya, alocasia ini tergolong lebih murah loh. Kamu bisa membawanya pulang dengan kisaran harga Rp50-100 ribu.

6. Alocasia cucullata

Lagi Hits, Nih 6 Jenis Alocasia Buat Percantik Rumahhouseofkojo.com

Berbeda dengan daun Alocasia pada umumnya, jenis Cucullata memiliki daun berbentuk hati dengan batang yang panjang. Cucullata punya nama beragam seperti Chinese Taro, Chinese Ape, hingga Buddha's Hand. 

Pada awalnya, Alocasia jenis ini tumbuh subur di daerah Asia, seperti Tiongkok, Hindia, Sri Lanka, dan Burma. Bentuknya yang mungil, cocok untuk kamu tempatkan pada ruangan dengan lahan terbatas. 

Harganya bervariasi di berbagai toko tanaman hias, dari Rp20-100 ribu. Relatif ekonomis ya. 

Baca Juga: Jadi Primadona, 5 Rekomendasi Calathea dengan Motif Daun yang Eksotis

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya