Comscore Tracker

5 Kaktus Hias Manis untuk Hias Jendela atau Meja

Dari kaktus yang kaku, keluar bunga-bunga cantik

Kamu sedang bingung memilih tanaman hias apa untuk mempercantik ruangan di rumah? Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah kaktus.

Meski memiliki duri yang tajam, kaktus justru banyak dicari orang karena bentuk yang unik dan perawatannya tidak susah.

Jenis tanaman yang dapat tumbuh dalam kondisi kering ini, juga memiliki bunga dengan warna beragam dan cantik. 

Nah, berikut beberapa kaktus yang bisa menjadi pilihan untuk mempercantik meja atau jendela ruanganmu. 

1. Kaktus mini Ariocarpus

5 Kaktus Hias Manis untuk Hias Jendela atau Mejamesagarden.com

Jika umumnya kaktus berduri kecil di sekujur bagian, kaktus mini Ariocarpus justru tak memiliki duri. Penampilannya seperti batu kasar. 

Pertumbuhan kaktus ini memang lebih lambat dibandingkan yang lainnya. Ia memiliki daun berbentuk prisma kecil berujung melengkung.

Daya pikat kaktus ini berasal dari bunganya yang berukuran besar dengan warna seperti ungu, putih, pink, kuning, dan merah. Bentuknya yang mini dengan warna beragam, sangat cocok kamu letakkan di jendela. 

2. Kaktus mini Haworthia attenuata

5 Kaktus Hias Manis untuk Hias Jendela atau Mejarollingnature.com

Haworthia attenuata bermotif menyerupai zebra. Sebagian orang menyebutnya juga lidah buaya mini.

Tanaman yang satu ini berasal dari Afrika Selatan, tanaman sukulen pembentuk rumpun ini memiliki habitat asli di dataran subtropis. Dengan habitatnya, ia dapat menyimpan banyak air saat musim kemarau dalam daun. 

Pada umumnya Haworhthia ditanam di kebun. Namun karena sudah banyak dibudidayakan, kamu juga bisa menanamnya pada pot. Jika bunga mekar, kamu akan melihat keindahan tubular putih atau merah muda kecil yang tumbuh pada batang tipis.

3. Kaktus mini Gymnocalycium

5 Kaktus Hias Manis untuk Hias Jendela atau Mejazzseeds.com

Memiliki kuncup bunga dengan warna yang beragam, kaktus mini Gymnocalycium terdiri dari soliter dengan tulang rusuk yang mirip dagu. Inilah kenapa kaktus ini sering disebut sebagai chin cactus. Bunga yang dihasilkan memiliki warna beragam seperti putih, krem, kuning, atau merah muda pucat.

Pada usia muda, Gymnocalycium lebih mudah berbunga. Butuh panas yang tinggi untuk membuat mereka bertahan ketika keluar dari perbatasan Arizona, tempat asalnya. Dengan sifatnya ini, Gymnocalycium cocok kamu tempatkan di jendela yang mendapat cahaya matahari.

Baca Juga: Imut Banget, 5 Jenis Sukulen Ini Cocok untuk Mempercantik Meja Kerjamu

4. Kaktus mini Mammillaria fraileana

5 Kaktus Hias Manis untuk Hias Jendela atau Mejafloraforum.eu

Kaktus jenis Mammillaria memiliki banyak varian. Jenis Mammillaria fraileana sendiri tumbuh di tanah yang berbasis granit kering tidak berkapur.

Biasanya, mereka lebih mudah tumbuh pada media batu-batuan. Sayangnya duri kaktus satu ini sungguh panjang ya.

Meski demikian, bunga yang muncul begitu memikat hati. Batang Mammillaria fraileana berbentuk bulat dengan ditutupi duri panjang yang berwarna coklat kemerahan. Apabila bunganya tumbuh, ukurannya cukup besar dan bisa beberapa kuntum sekaligus. 

5. Kaktus mini Echinofossulocactus

5 Kaktus Hias Manis untuk Hias Jendela atau Mejareddit.com

Echinofossulocactus merupakan kaktus yang tumbuh dengan tulang rusuk yang sempit dan cukup lancip. Tampilannya membentuk bulatan nyaris ke pipih dan berwarna coklat yang tersusun melintang. Kaktus ini juga berbunga dengan warna yang elok, lho! 

Berasal dari Meksiko, Echinofossulocactus juga disebut sebagai Stenocactus multicostatus. Kaktus dengan warna bunga menawan ini, dapat tumbuh dengan lebar 6-15 cm dan tinggi 6-12 cm.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kaktus Hias di Rumah, Tetap Tumbuh Subur dan Indah 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya