Comscore Tracker

5 Calathea dengan Daun Bermotif Eksotis Ini Segarkan Matamu

Nomor lima udah punya belum?

Di tengah booming tanaman hias, calathea kerap diminati karena daunnya yang eksotis dan menyerupai motif pakaian. Tanaman dari wilayah tropis Amerika ini dimanfaatkan sebagai tanaman pot indoor maupun outdoor, lho!

Kamu tertarik, tapi bingung mau memilih yang mana? Nih beberapa calathea yang menjadi primadona karena warna daunnya yang aduhai.

1. Makoyana

5 Calathea dengan Daun Bermotif Eksotis Ini Segarkan Matamuanselandivy.com

Tanaman satu ini dikenal juga dengan calathea peacock. Kamu pasti mengerti alasanya mengapa diberi nama seperti itu kan, ya karena corak daunnya sekilas seperti bulu merak.

Ini merupakan jenis paling umum ditemui oleh pencinta tanaman hias. Spesies satu ini punya daun lonjong dengan motif menyerupai kacang berpola hijau tua. Polanya terlihat kuat, bahkan sampai bawah daun. 

Calathea peacock merupakan tumbuhan parenial hijau yang berasal dari Brazil. Ia juga memiliki batang semu yang muncul dari rimpang tebal hingga tinggi 30-50 cm. Calathea Peacock menyukai intensitas cahaya medium dengan suhu 16-21 derajat Celcius.

2. Ornata

5 Calathea dengan Daun Bermotif Eksotis Ini Segarkan Matamuoutsideinco.com

Berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini mulai dibudidayakan di negara tropis, seperti Thailand dan Indonesia. Bentuk daun yang lebar dan motif unik, ornata juga jadi primadona.

Jika Calathea ornata ditempatkan dalam ruangan, maka ia berkemungkinan kecil akan berbunga. Karenanya, kamu bisa menaruhnya pada halaman rumah atau taman dengan cahaya matahari cukup.

Daun Calathea Ornata memiliki perawatan khusus agar terlihat sehat. Salah satunya dengan meletakkannya di luar ruangan, sejajar di antara tanaman besar lain. Jenis ini dapat tumbuh optimal di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan kebutuhan cahaya di bawah naungan sinar matahari. 

3. Orbifolia

5 Calathea dengan Daun Bermotif Eksotis Ini Segarkan Matamuthecitywild.com

Orbifolia adalah salah satu tanaman rumah yang memiliki daun lebar dengan kualitas yang dapat membersihkan udara di ruangan. Daun yang memiliki semburat garis ini, terlihat menawan dengan perpaduan warna silver hijau. 

Untuk menumbuhkan Calathea Orbifolia di rumah, kamu perlu menjaga humiditas dan menyiramnya tiap hari. Suhu udara yang disarankan adalah 18-23 derajat Celcius dengan jendela terbuka. Tanaman dari dataran Amerika Tropis ini bisa tumbuh hingga tingginya 100 cm dengan lebar 30 cm. 

Manis kan?

Baca Juga: Cantik! Nih 11 Jenis Aglonema Pilihan untuk Dekorasi Ruangan

4. Crocata

5 Calathea dengan Daun Bermotif Eksotis Ini Segarkan Matamugrowurban.uk

Calathea Crocata merupakan jenis Calathea yang berdaun hijau gelap dengan pola yang jelas. Bagian bawah daunnya berwarna ungu dan lebih mungkin menghasilkan bunga berwarna kuning oranye apabila dirawat dengan baik. 

Tanaman ini juga dikenal sebagai Eternal Flame Plant yang masih termasuk keluarga Marantaceae, satu dari 300 jenis spesies Calatheas. Termasuk tanaman tropis, kamu bisa menempatkannya di area indoor dengan drainase tanah yang rapat disertai habitat yang lembap. 

5. Lancifolia

5 Calathea dengan Daun Bermotif Eksotis Ini Segarkan Matamumichlers.com

Berasal dari Brazil, kamu bisa menanam calathea lancifolia dengan temperatur suhu ruangan. Tanaman hias yang memiliki daun meruncing dengan bintik hijau tua di bagian permukaan ini, tampil memikat dengan tinggi bisa mencapai 60-75 cm.

Tergolong pada spesies Marantaceae, calathea lancifolia dapat tumbuh subur pada suhu sekitar 16 derajat Celcius menggunakan temperatur dalam ruangan. Terlihat unik, Calathea Lancifolio memiliki bentuk yang cukup berbeda dengan spesies lain.

Baca Juga: Selain Monstera, Ini 5 Tanaman yang Cocok untuk Interior Minimalis

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya