Comscore Tracker

Super Eksotis, 6 Keladi 'Sayap Malaikat' dengan Daun Cantik

Daun keladi nomor 2 cakep banget~

Di tengah pandemik, banyak orang menggeluti hobi menanam, mulai dari tanaman hias hingga tanaman bunga dan buah. Salah satu tanaman hias yang memiliki penggemar khusus adalah keladi.

Nama asingnya adalah caladium dan tanaman ini terkenal karena jenisnya yang banyak dan dengan daun yang cantik. Karena corak daunnya yang khas, tanaman ini disebut juga  "sayap malaikat" loh. 

Keladi bisa dijadikan penghias ruangan kamu. Namun, dia juga oke banget ditaruh di halaman rumah. Nih, beberpa koleksi keladi yang cantik nan eksotis.

1. Carousel

Super Eksotis, 6 Keladi 'Sayap Malaikat' dengan Daun Cantiklaselvas.com

Keladi jenis ini memiliki warna bercorak putih kombinasi hijau dan dipercantik dengan garis merah. Meski bisa diaplikasikan sebagai tanaman indoor, namun variasi ini membutuhkan sinar matahari sedang selama 6-8 jam sehari. 

Caladium Carousel tumbuh dalam suhu sedang dan punya tingkat adaptasi baik di berbagai tempat. Jika kamu ingin merawat jenis Carousel, kamu bisa tempatkan pada teras rumah yang punya akses cahaya matahari.

2. Chinook

Super Eksotis, 6 Keladi 'Sayap Malaikat' dengan Daun Cantikgardeningknowhow.com

Daun caladium 'chinook' ini cantik ya, dengan warna merah muda dengan tepian hijau. Tanaman yang juga dikenal dengan nama keladi merah muda salmon ini, cocok ditempatkan di area teduh dengan polybag. 

Untuk Caladium 'Chinook' yang lebih besar, kamu bisa pakai kawat gantung juga loh. Merupakan tanaman yang mudah perawatannya, Chinook membutuhkan kombinasi tanah humus, pupuk, dan air sesekali untuk memberikan warna cerah di sepanjang musim. 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

3. White christmas

Super Eksotis, 6 Keladi 'Sayap Malaikat' dengan Daun CantikIDN Times/Ita Malau

Daun keladi yang satu ini bernuansa putih dan hijau. Saat ini, keladi ini diminati orang karena warnanya yang kontras.

Cara merawat keladi inipun tergolong mudah dan sama dengan keladi lainnya. Dia bisa menjadi penghias dalam ruangan, namun sesekali kamu perlu memberi dia sinar matahari. 

4. Debutante

Super Eksotis, 6 Keladi 'Sayap Malaikat' dengan Daun Cantikplantcircle.co

Sekilas, keladi debutante mirip white christmas ya. Bedanya debutante memiliki aksen pink di tengah hingga ujung daun.

Selain itu, debutante berbentuk lebih runcing di bagian ujung daun. Varietas ini akan berwarna merah muda apabila terkena sinar matahari, sementara warnanya berubah jadi putih jika ditempatkan di area teduh. 

Caladium jenis ini juga membutuhkan tanah yang lembap dan kebutuhan sinar matahari secara tidak langsung. Bentuk dan warnanya memang tampak indah, namun Caladium 'Debutante' cukup beracun jika tertelan oleh manusia maupun hewan.

5. Puppy love

Super Eksotis, 6 Keladi 'Sayap Malaikat' dengan Daun Cantikurbansproutsstore.com

Sesuai namanya yang cute, puppy love memiliki daun berwarna merah muda dan ada aksen bergelombang pada daun.

Keladi ini tahan terhadap sinar matahari pagi selama 6-8 jam. Caladium jenis ini tumbuh subur di dataran rendah hingga menengah. 

Puppy love mengingatkan pada salah satu tanaman Florida Sweetheart, namun warna daunnya lebih kaya dan tebal. Tanaman ini bisa kamu taruh di pot maupun di keranjang gantung. 

6. Modern art

Super Eksotis, 6 Keladi 'Sayap Malaikat' dengan Daun Cantikurbansproutsstore.com

Namanya keren ya. Modern Art punya warna daun putih dengan variasi garis hijau dan merah muda yang memesona. Tangkainya lebih panjang dibanding jenis lainnya.

Nah, keladi ini bisa tumbuh sampai 24 inci! Jadi, kamu harus menyiapkan pot yang sesuai dengan pertumbuhannya.

Tanaman yang masih dalam keluarga Araceae ini membutuhkan air secara konsisten untuk mengoptimalkan pertumbuhan. Perpaduan pupuk dan tanah humus yang pas akan menentukan kesuburan dan panjang hidup Caladium 'Modern Art'.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tanaman untuk Taman Rumah Mungilmu, Ada yang Bawa Rezeki

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya