Comscore Tracker

Doa Nabi Yusuf, dari Cinta Hingga Terhindar dari Godaan Hawa Nafsu

Allah SWT mengaruniakan wajah rupawan kepada Nabi Yusuf

Jakarta, IDN Times - Dalam ajaran Islam, Nabi Yusuf merupakan salah satu dari 25 nabi yang diutus oleh Allah SWT. Sama seperti nabi-nabi lainnya, Yusuf diutus untuk menuntun umat manusia menyembah Allah SWT.

Yusuf adalah putra pertama Nabi Yakub dari istrinya yang bernama Rahil, dan menjadi anak ke-11 dari keseluruhan anak Nabi Yakub. Dia memiliki seorang adik dari satu ibu bernama Benyamin.

Kisah Nabi Yusuf tertulis secara khusus dalam Al-Qur'an surat 12. Allah telah mengaruniakannya ilmu dan pengetahuan, dan telah mengangkatnya dari dalam sumur (tempat yang paling dasar) menuju singgasana (tempat tertinggi).

Tidak hanya itu, Nabi Yusuf juga dikaruniakan wajah yang tampan sehingga siapa pun yang melihatnya bisa lupa diri.

Kendati demikian, cobaan hidup yang diterima Nabi Yusuf tidaklah ringan. Dari kecil Nabi Yusuf telah menerima ujian demi ujian, mulai dia ditinggal selama-lamanya oleh sang ibu, hendak dibunuh dan akhirnya dibuang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya, berpisah dengan ayah tercintanya, dijual menjadi budak hingga akhirnya dijebloskan ke penjara. Namun, kesabaran, keteguhan dan kekuatan iman justru melindungi dan mengantarkan Nabi Yusuf pada kedudukan yang tinggi di mata manusia dan juga Allah SWT.

Dari perjalanan hidup Nabi Yusuf, banyak doa-doa yang diajarkan kepada umat manusia. Doa-doa Nabi Yusuf itu bisa juga kamu panjatkan, berikut beberapa diantaranya: 

Baca Juga: Keagungan Doa Nabi Yunus Ketika Berada di Perut Ikan Paus

1. Doa agar dicintai dan diberikan cahaya seperti keindahan wajah Nabi Yusuf

Doa Nabi Yusuf, dari Cinta Hingga Terhindar dari Godaan Hawa NafsuIlustrasi berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Keindahan wajah Nabi Yusuf bisa membuat semua manusia yang melihatnya terpukau dan jatuh hati seketika. Tidak hanya itu, akhlak dan perilaku Nabi Yusuf yang begitu mulia juga membuat semua orang tidak bisa jauh darinya. Karena itu, tidak heran bila Nabi Yusuf begitu dicintai oleh para pengikutnya saat itu.

Nah, kamu bisa membaca doa ini agar dicintai dan diberikan cahaya seperti pada wajah Nabi Yusuf:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.

Doa lainnya juga terdapat di dalam Al-Qur’an Surat Yusuf ayat 4:

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Idz qoola yuusufu liabihi yaa abati, inni roaitu ahada asyro kaukaban wasyamsu walqomaro roaituhum lii waajidiin

Artinya: (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku. (Qs. Yusuf: 4)

2. Doa agar wajah dan akhlak yang mulia

Doa Nabi Yusuf, dari Cinta Hingga Terhindar dari Godaan Hawa Nafsu

Semasa hidupnya, Nabi Yusuf selalu berdoa kepada Allah SWT atas segala perilaku dan tindakan yang dilakukannya.

Bahkan, saat bercermin pun Nabi Yusuf berdoa kepada Allah agar diberikan rupa dan akhlak yang terbaik. Doa bercermin ini bisa kamu amalkan agar diberikan aura wajah yang menawan dan tentunya akhlak yang baik.

Berikut doa bercermin yang diamalkan oleh Nabi Yusuf semasa hidupnya:

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya: Ya Allah, sebagaimana telah Engkau indahkan rupaku, maka indahkanlah pula akhlakku. (H.R. Ahmad)

3. Doa agar terhindar dari fitnah dan zina

Doa Nabi Yusuf, dari Cinta Hingga Terhindar dari Godaan Hawa Nafsuilustrasi berdoa dan mengaji (IDN Times/Sunariyah)

Dalam Al-Qur'an dikisahkan, karena ketampanannya Nabi Yusuf diberikan ujian yaitu digoda oleh istri pembesar Mesir, yang juga merupakan ibu angkatnya.

Kala itu, Nabi Yusuf digoda dan dipaksa bersetubuh. Tentu saja Nabi Yusuf tidak mau terjerumus dalam godaan setan. Ia pun meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari godaan setan dan godaan hawa nafsu.  

Berikut doa yang bisa kamu panjatkan supaya terhindari dari ujian godaan hawa nafsu:

بِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

Rabbis-sijnu aḥabbu ilayya mimmā yad'ụnanī ilaīh, wa illā taṣrif 'annī kaidahunna aṣbu ilaihinna wa akum minal-jāhilīn

Artinya: Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh (QS. Yusuf: 3)

Baca Juga: Ibrahim Bapak Para Nabi, Mencari Tuhan di Antara Bintang dan Matahari

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya