TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Al Muktabar: Urbanisasi Jadi Penyebab Warga Miskin di Perkotaan Naik

Berbanding terbalik, kemiskinan di perdesaan menurun

Dok. Istimewa/Pemprov

Serang, IDN Times - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menilai, urbanisasi menjadi penyebab angka kemiskinan meningkat di wilayah perkotaan. Lantas apa upaya Pemprov Banten untuk menekan kemiskinan? 

Diketahui, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, penduduk miskin di perkotaan pada September 2022 sebesar 5,89 persen atau 586.210 orang, naik menjadi 6,00 persen atau 623.190 orang pada Maret 2023.

"(Kemiskinan) perkotaan tentu karena pola urbanisasi dari daerah (desa) ke perkotaan itu juga yang membuat pergeseran angka (kemiskinan) itu menjadi berada di perkotaan," kata Al Muktabar, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga: Angka Kemiskinan Naik, Pj Gubernur Banten: Hanya di Perkotaan

1. Berbanding terbalik, kemiskinan di perdesaan Banten menurun

IDN Times/Khaerul Anwar

Namun berbanding terbalik di perdesaan, angka penduduk miskin perdesaan pada September 2022 sebesar 7,29 persen atau 243,450 orang, turun menjadi 6,79 persen atau 202,930 pada Maret 2023.

Menurut mantan Sekda Banten, di wilayah pedesaan ruang kerja dan mendapatkan penghasilan atau uang sangat terbuka lebar dibandingkan perkotaan.

Ia menyebut sektor pertanian bisa dan dapat dikembangkan untuk menurunkan angka kemiskinan di pedesaan.

"Sektor pertanian dan berbagai sektor lainnya maju di pedesaan," katanya.

2. Al Muktabar ingin mengubah sistem masyarakat agraris ke industri

pexels.com/Pixabay

Untuk menekan angka kemiskinan, lanjutnya, Pemprov Banten bersama kabupaten/kota terus meningkatkan investasi agar lapangan pekerjaan bisa lebih banyak. Dengan cara ini, dia berharap, angka pengangguran dan kemiskinan berkurang.

Ia akan melakukan berbagai upaya seperti mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. "Kita menggiatkan ekonomi produktif dengan infrastruktur platform digital. Jadi punya usaha kecil menengah dan seterusnya," katanya.

Baca Juga: Jumlahnya Turun, Tingkat Keparahan Warga Miskin Banten Naik

Verified Writer

Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya