TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Airin Ingin Edukasi Masyarakat Banten Agar Tak Terjerat Bank Keliling

Airin bakal bantu masyarakat dapatkan permodalan yang aman

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Intinya Sih...

  • Airin ingin memberikan sarana pembiayaan permodalan untuk UMKM di Provinsi Banten.
  • Masyarakat sulit mengajukan KUR ke Bank karena persyaratan rumit, sehingga banyak yang menggunakan bank keliling yang tidak resmi.
  • Airin ingin mengedukasi masyarakat mengenai literasi perbankan dan mendorong generasi Z menjadi pelaku usaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan di Banten.

Tangerang, IDN Times - Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany ingin membuat sarana pembiayaan permodalan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Banten. Hal tersebut lantaran banyak masyarakat yang sulit mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) ke Bank lantaran persyaratannya yang cukup rumit.

"Memang saat ini banyak kredit usaha rakyat, baik dari pemerintah pusat maupun daerah, tapi biasanya rumit, perlu ada izin usaha. Kadang-kadang kalau (pinjaman) besar perlu ada agunan dan sebagainya," kata Airin saat Konsolidasi Kopi Hitam Kabupaten Tangerang di Cikupa, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga: Airin Janji Bakal Berikan Subsidi untuk Siswa SMA/SMK Swasta di Banten

Baca Juga: Nama-nama Dinasti Ratu Atut di Banten

1. Masyarakat Banten, menurut Airin, cenderung pilih bank keliling

Airin mengungkapkan, lantaran rumitnya persyaratan untuk mendapatkan modal di KUR dari penyedia keuangan resmi, masyarakat di Banten pun cenderung memiliki bank keliling. Sayangnya, kerap kali bank keliling seperti jebakan yang dibayarkan secara singkat.

"Kalau pakai bank keliling seminggu kemudian sudah ditagih, makanya perlu ada literasi perbankan juga kepada masyarakat," kata Airin.

2. Airin juga ingin mengedukasi masyarakat terkait literasi perbankan agar tak terjerat bank keliling

Airin pun ingin mengedukasi masyarakat mengenai literasi perbankan agar masyarakat Banten tak lagi terjerat Bank Keliling yang tidak resmi. Pasalnya, bantuan mengenai kredit usaha rakyat pun telah banyak tersedia.

"Karena sebetulnya ada bantuan dari pemerintah yang tinggal disalurkan ke masyarakat, makanya kami sangat berharap Kopi Hitam bisa membantu menyosialisasikan hal tersebut," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Cagub Banten Airin Rahmi Diany

3. Airin ingin dorong gen Z untuk jadi pelaku usaha

Airin pun ingin generasi Z didorong untuk menjadi pelaku usaha, sehingga ikut menciptakan lapangan pekerjaan tak hanya mencari pekerjaan di wilayah Provinsi Banten.

"Makanya kami juga ingin meningkatkan infrastruktur bagi pelaku UMKM, kalau semua cari kerja enggak didorong berusaha, maka pengangguran akan semakin besar," jelasnya.

Untuk itu, ia ingin membantu pelaku usaha mulai dari permodalan, meningkatkan kualitas produk, hingga pemasaran produk untuk para pelaku usaha. Sehingga, jika usaha terus berkembang, maka lapangan kerja pun akan semakin terbuka.

"Bayangkan jika satu pelaku UMKM punya karyawan 10, maka kalau 100 pelaku UMKM akan ada 1.000 lapangan kerja," tuturnya.

Baca Juga: Pelaku Usaha di Tangerang Diminta Taat Lapor Kegiatan Penanaman Modal

Berita Terkini Lainnya