TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Airin Janji Bakal Berikan Subsidi untuk Siswa SMA/SMK Swasta di Banten

Airin juga berjanji bakal tambah gedung SMK/SMK

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Intinya Sih...

  • Airin Rachmi Diany berjanji memberikan subsidi untuk siswa-siswi SMA/SMK swasta guna memeratakan pendidikan di Banten.
  • Subsidi akan disesuaikan dengan kemampuan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah, dan anggaran sudah dihitung.
  • Airin juga berkomitmen menambah gedung SMA-SMK dan ruang kelas di Provinsi Banten untuk memenuhi kebutuhan industri lokal.

Tangerang, IDN Times - Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany berjanji bakal memberikan subsidi untuk siswa-siswi yang masuk ke SMA/SMK di swasta. Hal tersebut dilakukan untuk memeratakan pendidikan di Banten, dalam hal ini tingkat SMA/SMK yang menjadi kewenangan provinsi.

"Banyak lulusan SMP tidak tertampung di SMA/SMK negeri karena kurangnya pemerataan, sehingga kami ingin memberikan subsidi untuk anak-anak yang masuk ke sekolah swasta," kata Airin dalam kegiatan Konsolidasi Kopi Hitam Kabupaten Tangerang, di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga: Cagub Airin Goyang di Konsolidasi Kopi Hitam Kabupaten Tangerang

1. Subsidi tersebut bakal disesuaikan dengan anggaran BOS daerah

Pihaknya pun, kata dia, telah menghitung perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk memberikan subsidi tersebut. Nantinya, subsidi tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah.

"Tentunya kami akan melihat sesuai dengan kemampuan BOS daerah masing-masing sekolah," ungkapnya.

2. Airin juga bakal menambah SMA-SMK di Kabupaten Tangerang

Selain subsidi, Airin juga berjanji bakal menambah gedung SMA-SMK di Provinsi Banten. Pembangunan tersebut bakal melihat pemerataan gedung sekolah di setiap wilayah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.

"Kami juga akan menambah ruang kelas. Kalau di Tangerang Selatan dulu, saya bisa membangun sekolah dan ruang kelas baru dalam 2 tahun, tapi percepatannya itu melalui subsidi swasta agar tak mematikan sekolah swasta juga," jelasnya.

3. Airin ingin kebutuhan lulusan di Provinsi Banten sesuai yang dibutuhkan industri

Saat ini, kata Airin, pengangguran di Provinsi Banten nomor satu di Indonesia, bahkan Kabupaten Tangerang menyumbang angka terbesar. Hal tersebut, lanjut Airin, lantaran kebutuhan industri tak sesuai dengan lulusan yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Makanya, nanti kami ingin mix and match antara kebutuhan perusahaan dan lulusan SMA/SMK, supaya perusahaan juga tidak ambil pegawai dari daerah lain," tuturnya.

Baca Juga: Profil Cagub Banten Airin Rahmi Diany

Berita Terkini Lainnya