Comscore Tracker

Hilmi Aminuddin Positif COVID-19, 41 Orang Jalani Rapid dan Swab Test

Istri Hilmi positif corona dan jalani isolasi di RS Santosa

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat ada 41 orang yang sempat kontak langsung dengan almarhum ustaz Hilmi Aminuddin. Diberitakan sebelumnya, Hilmi yang juga pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu terpapar COVID-19 dan meninggal Selasa (3/6).

Ke-41 orang itu terdiri dari keluarga Hilmi dan para santrinya. Sekretaris Dinkes KBB, Nanang Ismantoro mengatakan, orang-orang yang masuk dalam daftar kontak erat almarhum akan dilakukan tes rapid dan tes usap atau swab test.

"41 orang tersebut merupakan keluarga dan santri almarhum, besok kita akan lakukan rapid tes danswab tes," ujar Nanang, Kamis (2/7).

Baca Juga: KH Hilmi Aminuddin Meninggal, PKS Jabar: Belum Pasti COVID-19 

1. Positif COVID-19, istri Hilmi jalani isolasi di RS Santosa

Hilmi Aminuddin Positif COVID-19, 41 Orang Jalani Rapid dan Swab TestDua orang dokter berdiri di depan salah satu ruang modular di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Nanang menyampaikan, istri almarhum Hilmi juga sudah dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab. Saat ini, istri almarhum tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa, Kota Bandung.

"Istri almarhum saat ini diisolasi dan mendapatkan perawatan di RS Santosa Bandung," sebutnya.

2. Tes COVID-19 dilakukan dua tahap

Hilmi Aminuddin Positif COVID-19, 41 Orang Jalani Rapid dan Swab Testconsumerreports.org

Nanang menjelaskan, tes swab tahap pertama bakal diprioritaskan untuk orang yang sempat berinteraksi langsung. Sedangkan warga sekitar rumah almarhum akan dilakukan tes pada tahap selanjutnya.

"Untuk tetangga juga akan kita rapid dan swab test, tapi kita dahulukan dulu yang berada di kediaman almarhum," tuturnya.

3. Tes swab untuk keluarga dilakukan Jumat (3/7)

Hilmi Aminuddin Positif COVID-19, 41 Orang Jalani Rapid dan Swab Testtexastribune.org

Dihubungi terpisah, Juru Bicara Keluarga Hilmi Aminuddin, Nevi Hendri mengatakan, kegiatan pesantren telah ditutup sejak almarhum dinyatakan positif COVID-19. Nevi memastikan, tidak ada santri yang berinteraksi dengan almarhum karena jarak kediaman dengan pesantren cukup jauh.

"Saya mencatat hanya 23 orang anggota keluarga saja yang sempat berinteraksi, besok (Jumat) akan di-swab test," kata Nevi.

4. Almarhum diduga tertular dari tenaga kesehatan kepercayaan keluarga

Hilmi Aminuddin Positif COVID-19, 41 Orang Jalani Rapid dan Swab TestPixabay.com/ckstockphoto

Nevi menduga almarhum tertular dari seorang tenaga kesehatan yang dipercaya keluarga. Tenaga kesehatan khusus yang menjadi langganan keluarga Hilmi saat ini sudah dinyatakan positif COVID-19.

"Kemungkinan almarhum tertular dari nakes yang sering ke rumah. Memang langganan beliau. Sekarang nakes itu sedang dirawat," kata Nevi.

Baca Juga: [BREAKING] Diduga Terpapar COVID-19, KH Hilmi Aminuddin Meninggal

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya