[BREAKING] Dievakuasi dari Hubei, 245 WNI Akan Dikirim ke Natuna

Mereka tidak langsung pulang ke rumah masing-masing

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 245 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, akan langsung dibawa ke kawasan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Rencananya WNI tersebut akan tiba di Natuna pada Minggu (2/2).

Semua WNI dari Hubei memang tidak diperbolehkan langsung pulang ke rumah masing-masing. Mereka harus memenuhi protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan sebelumnya, dimana mereka semua akan masuk ke ruang isolasi di Natuna selama jangka waktu yang belum diketahui.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan, WNI dari Tiongkok harus diberikan sarana dan prasarana yang mendukung protokoler kesehatan. Protokoler kesehatan yang harus dipenuhi itu, antara lain: harus memiliki tempat isolasi yang jauh dari penduduk. Dan, daerah yang terpilih adalah Natuna.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Natuna memiliki pangkalan militer yang dilengkapi fasilitas rumah sakit yang dikelola oleh tiga angkatan, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

"Kemudian memiliki runway berdekatan dengan wilayah yang nantinya digunakan untuk isolasi, sehingga nanti saudara-saudara kita yang datang langsung turun dari pesawat masuk ke tempat penampungan mereka," jelasnya di Ruang VIP Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/1).

Hadi mengatakan, ruang isolasi tersebut mampu menampung sekitar 300 orang, dengan fasilitas yang dijamin lengkap. Menurut Hadi, di sana juga ada dapur lapangan dan jarak dari hanggar atau pun gedung berjarak sekitar lima sampai enam kilometer.

"Kemudian menuju ke SP, di sana ada dermaga itu juga kurang lebih 5 kilometer, sehingga dari hasil penilaian itu mengisyaratkan, untuk protokol kesehatan Natuna dipilih menjadi tempat transit sementara. Sampai dengan dinyatakan bebas bisa bertemu dengan keluarga," ujarnya.

Hadi mengungkapkan, untuk proses pemindahan dari Hubei ke menuju ke Indonesia, militer akan terus memantau pergerakan dari pesawat yang digunakan.

"Dan terus kita pantau sampai pendaratan. Mudah-mudahan proses yang kita rencanakan ini bisa berjalan dengan baik dan saya mohon doa restunya untuk terlaksananya kegiatan ini dengan baik aman dan lancar," ucap Hadi.

Baca Juga: [BREAKING] Menlu: WNI dari Hubei Sudah Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Baca Juga: [BREAKING] Lepas Tim Evakuasi, Menlu: Seluruh WNI dari Hubei Sehat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya