Cegah COVID-19, Bandara Soetta Disemprot Disinfektan

Fasilitas yang kerap digunakan penumpang jadi sasaran utama

Tangerang, IDN Times - PT Angkasa Pura (AP) II menyemprotkan disinfektan di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Penyemprotan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

AP II menerjunkan tujuh petugas untuk menyemprot tempat dan fasilitas yang sering dilalui atau pun dipergunakan penumpang di terminal tersebut.

Baca Juga: 2 WNI Kena Virus Corona, KKP Soekarno-Hatta Janji Perketat Pengawasan

1. Penyemprotan itu sudah dilakukan sejak Rabu malam

Cegah COVID-19, Bandara Soetta Disemprot DisinfektanIDN Times/Candra Irawan

Chief Officer In Charge Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Edi Rohadi menjelaskan, penyemprotan disinfektan itu merupakan upaya perseroan dalan mencegah penyebaran virus COVID-19.

"Jadi pada pagi hari ini dari malam tadi kita melakukan penyemprotan disinfektan yang tujuan utamanya adalah melakukan pencegahan daripada penyebaran virus," jelasnya di Terminal 3, Kamis (5/3). 

2. Fasilitas yang kerap digunakan penumpang jadi sasaran utama

Cegah COVID-19, Bandara Soetta Disemprot DisinfektanIDN Times/Candra Irawan

Edi merinci, petugas menyemprot tempat dan benda yang dilalui dan digunakan oleh penumpang, diantaranya handel eskalator, trolley, kursi, toilet, serta fasilitas lainnya.

"Itu paling sering yang dipegang oleh penumpang, di toilet itu paling sering yang dipegang oleh penumpang adalah pada bagian keran dan bagian lainnya," ujarnya.

3. Skytrain juga akan disemprot disinfektan

Cegah COVID-19, Bandara Soetta Disemprot DisinfektanIDN Times/Candra Irawan

Edi memastikan bila penyemprotan tidak hanya dilakukan di Terminal 3, tetapi juga di terminal 2. Tidak sampai di situ, Automatic People Mover System (APMS) atau Skytrain (Kalayang) juga tidak luput dari penyemprotan disinfektan karena kerap digunakan penumpang dari luar negeri untuk berpindah terminal.

"Kita fokus pada yang paling banyak didatangi oleh penumpang internasional, terutama di Terminal 3 kemudian lanjutannya ke APMS," katanya.

4. Penyemprotan disinfektan akan dilakukan secara periodik

Cegah COVID-19, Bandara Soetta Disemprot DisinfektanIDN Times/Candra Irawan

Edi menambahkan, penyemprotan disinfektan ini juga melibatkan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan rencanaya penyemprotan akan dilakukan secara periodik. Selain itu, AP II juga telah menyediakan hand sanitizer di beberapa titik di Terminal Kedatangan Internasional. 

"Kita pakai skala prioritas dulu. Artinya tempat-tempat yang paling sering dimungkinkan berkumpulnya atau banyaknya pax (penumpang) dari luar (negeri)," ucap Edi.

Baca Juga: 5 Hari Dinyatakan Sembuh, Pasien Sakit Virus Corona di Wuhan Meninggal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya