Hendak ke Tiongkok, WNA Pakai APD di Bandara Soetta

Mereka menggunakan pesawat charter

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 124 Warga Negara Asing (WNA) terekam video amatir tengah mengantre di are check in counter Terminal 3 bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (26/3) sore. Mereka menjadi sorotan karena beberapa WNA itu menggunakan alat pelindung diri (APD). 

Senior Manager Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Soekarno Hatta, Febri Toga Simatupang kepada IDN Times membenarkan video yang telah beredar tersebut.

Menurut Febri, ratusan WNA itu hendak menuju Tiongkok dengan transit di Kamboja.

Baca Juga: Ada Isu Penerbangan Internasional Ditutup, Bandara Soetta: Itu Hoaks

1. Ada WNA yang gunakan APD, otoritas Bandara Soetta: mungkin perlindungan diri

Hendak ke Tiongkok, WNA Pakai APD di Bandara SoettaISTIMEWA

Febri menjelaskan, 124 WNA tersebut hendak berangkat dari bandara menuju ke Phnom Penh, Kamboja, menggunakan pesawat charter milik negara Kamboja.

Terkait dengan penggunaan APD oleh WNA tersebut, dia mennilainya sebagai perlindungan diri terhadap wabah COVID-19.  "Ya itu kan hak orang seperti itu ya, ibaratnya memakai dan dia melindung diri mungkin khawatir di tengah wabah corona dan sebagian (WNA) juga enggak kan (pakai)," jelasnya saat dihubungi.

2. Mereka berangkat menggunakan pesawat charter

Hendak ke Tiongkok, WNA Pakai APD di Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Ditanya perihal WNA tersebut merupakan tenaga medis, Febri juga enggan berkomentar banyak. Menurutnya, saat ini pihaknya hanya fokus dalam pengelolaan bandara dan penerbangan. Apalagi diketahui sejak 5 Februari lalu Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah tidak menerima lagi penerbangan dari dan ke Tiongkok.

"Kita ketahui kan dari dan ke Tiongkok ditutup pesawatnya, akhirnya kan pemulangan itu menggunakan pesawat charter. Untuk tenaga medis saya gak bisa komentar," ujarnya.

3. Bandara Soetta pastikan para WNA mendapatkan pemeriksaan sebelum berangkat

Hendak ke Tiongkok, WNA Pakai APD di Bandara Soetta(IDN Times/Candra Irawan)

Febri menambahkan, para WNA itu sudah berangkat dari bandara pukul 17.00 WIB per 26 Maret dan ia juga memastikan kalau keberangkatan mereka tidak ada hambatan. Tidak hanya itu, petugas bandara juga memeriksa kesehatan ke-124 WNA itu dengan ketat. Hasilnya, kata dia, mereka negatif dari virus mematikan tersebut.

"Jadi selama ini mereka masih sesuai prosedur, pasti diperiksa semua dan di tes juga suhu tubuhnya sebelum berangkat. Mereka juga tetap diperiksa misalnya terkait pembawaan dangerous goods (DG)," ucap Febri.

Baca Juga: Imigrasi Tolak 43 WNA Tiongkok di Bandara Soetta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya