Ini Penjelasan Soal 208 WNA Tiongkok yang Tertahan di Bandara Soetta

Garuda Indonesia sudah kembalikan uang tiket pesawat

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 208 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok sempat tertahan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Tertahannya mereka lantaran otoritas pemerintah Tiongkok, tidak mengizinkan mereka kembali ke negaranya.

Penumpang yang terdiri dari 205 orang dewasa dan 3 penumpang bayi itu, diketahui akan menggunakan pesawat charter Garuda Indonesia GA- 8900 tujuan Guangzhou, Tiongkok.

Baca Juga: Bandara Soetta Resmi Tolak WNA yang Transit atau Masuk

1. Imigrasi benarkan adanya pembatalan penerbangan WNA Tiongkok

Ini Penjelasan Soal 208 WNA Tiongkok yang Tertahan di Bandara SoettaISTIMEWA

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Saffar Muhammad Godam membenarkan adanya 208 penumpang asal Tiongkok yang tertahan di bandara. Kejadian itu, kata dia, berlangsung pada Jumat (3/4).

"Pada tempat dan waktu tersebut telah dilakukan pembatalan keberangkatan terhadap 208 warga negara Tiongkok," jelas Saffar dalam konfirmasinya, Minggu (5/4).

2. Ini alasan 208 WNA Tiongkok batal kembali ke negaranya

Ini Penjelasan Soal 208 WNA Tiongkok yang Tertahan di Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Godam mengatakan, mereka batal kembali ke negaranya dikarenakan tidak mendapatkan persetujuan dari otoritas pemerintah Tiongkok.

Seperti diketahui pada 5 Februari lalu, seluruh penerbangan dari dan ke Tiongkok melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dihentikan sementara sampai waktu yang belum ditentukan. Penghentian itu karena wabah COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona semakin meluas, dan juga melanda Indonesia.

3. Garuda Indonesia pastikan uang tiket sudah dikembalikan

Ini Penjelasan Soal 208 WNA Tiongkok yang Tertahan di Bandara SoettaIDN Times/Mela Hapsari

Sementara itu, Public Relation Garuda Indonesia, Dicky Irhamsyah mengungkapkan, pihaknya sudah mengembalikan uang tiket pesawat kepada para WNA Tiongkok tersebut.

"Pihak Garuda sendiri telah mengembalikan uang charter pesawat tersebut kepada mereka (WNA Tiongkok) melalui agen perjalanannya. Untuk kejelasannya bisa ditanyakan kepada pihak agen perjalannya," katanya.

4. Garuda Indonesia tidak mengetahui kepentingan WNA itu selama di Indonesia

Ini Penjelasan Soal 208 WNA Tiongkok yang Tertahan di Bandara SoettaIDN Times/Candra Irawan

Terkait perihal kepentingan para WNA  selama di Indonesia, Dicky enggan berkomentar banyak. Menurutnya perihal itu dapat dikonfirmasi langsung ke pihak agen 208 WNA Tiongkok tersebut.

"Apakah mereka wisatawan atau Tenaga Kerja Asing (TKA) mereka yang punya data itu, dan terkait penolakan masuk itu adalah hak otoritas pemerintah Tiongkok karena mereka yang punya otoritasnya siapa saja yang boleh masuk ke negaranya," jelas Dicky.

Baca Juga: Sempat Dinyatakan Positif COVID-19, Tiga Pekerja Bandara Soetta Sembuh

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya