Seorang Warga Tangerang Tewas Setelah Disengat Tawon Vespa

Sarang tawon vespa masih banyak di Kabupaten Tangerang

Tangerang, IDN Times - Seorang warga Desa Ciakar Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang harus meregang nyawa usai disengat tawon Vespa affinis. Korban yang bernama Soedarsijah, 78 tahun.

Korban diduga tidak tahu ada sarang tawon berbahaya itu di samping rumahnya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengungkapkan, tawon vespa tersebut masih menghantui warga setempat. 

Baca Juga: 72 Warga Tangerang Terjangkit DBD, Dinkes Andalkan Puskesmas

1. Korban disengat saat menjemur pakaian

Seorang Warga Tangerang Tewas Setelah Disengat Tawon VespaDOK BPBD Kabupaten Tangerang

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin mengatakan, peristiwa itu terjadi saat korban hendak menjemur pakaian yang baru selesai dicucinya di samping rumah korban.

"Saat sore hari korban biasa menjemur dan saat menjemur korban disengat tawon. Sayang kami baru menerima laporan adanya sarang tawon itu setelah ada (kasus) sengatan," jelasnya saat dihubungi IDN Times, Kamis (12/3).

2. Sarang tawon itu berukuran 50 centimeter

Seorang Warga Tangerang Tewas Setelah Disengat Tawon VespaPetugas melakukan pemusnahan sarang tawon Vespa affinis (IDN Times/Haikal Adithya)

Menurut Kosrudin, korban langsung dibawa warga sekitar ke rumah sakit terdekat, namun sayang nyawa korban tak dapat tertolong.

"Lalu kami langsung ke TKP dan mengevakuasi sarang tawon itu. Diameternya sekitar 50 centimeter," ujarnya.

3. Setiap pekan, BPBD menerima tiga sampai sepuluh laporan soal sarang tawon vespa

Seorang Warga Tangerang Tewas Setelah Disengat Tawon VespaDOK BPBD Kabupaten Tangerang

Kosrudin menjelaskan, tawon Vespa affinis masih banyak terdapat di Kabupaten Tangerang. Setiap pekan, pihaknya menerima 3-10 laporan dan permintaan untuk evakuasi sarang tawon.

"Kami mengimbau bagi warga yang menemukan sarang tawon untuk segera melaporkannya kepada kami agar tidak ada korban lagi," kata Kosrudin.

Baca Juga: Ciri-ciri Tawon Vespa yang Diperkirakan Lebih Banyak di Musim Hujan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya