Kondisi Terkini 3 Mahasiswa Indonesia yang Gagal Pulang dari Wuhan

Tiga mahasiswa tak lolos screening test saat akan dievakuasi

Jakarta, IDN Times - Kondisi kesehatan tiga mahasiswa asal Indonesia yang gagal dipulangkan bersama rekan-rekannya dari Wuhan, Tiongkok, dilaporkan berangsur membaik.

“Yang satu sudah kembali ke asrama kampus, sedangkan yang dua dalam perjalanan menuju asrama kampus,” kata Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun dikutip dari Antara, Minggu (2/2). 

Djauhari memastikan hal itu setelah menghubungi ketiga mahasiswa asal Indonesia itu.

Ketiganya tidak diizinkan untuk terbang bersama 238 warga lainnya ke Indonesia dengan menggunakan pesawat carter Batik Air dari Bandar Udara Internasional Tianhe, Wuhan, Minggu menjelang subuh, karena suhu badan mereka tiba-tiba naik.

Namun setelah mendapatkan perawatan di klinik bandara, kondisi ketiganya berangsur membaik sehingga langsung dikembalikan ke asrama kampus.

Diduga ketiganya kelelahan saat menunggu terbang ke Batam sejak Sabtu (1/2) sore.

Seorang dari ketiganya tinggal di asrama kampus di Kota Wuhan, sedangkan dua lainnya di Xianning yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Bandara Tianhe.

“Kami tetap memperhatikan mereka dengan mencukupi kebutuhan mereka untuk sepekan ke depan,” kata dia.

KBRI Tiongkok juga akan terus memantau ketiga mahasiswa yang batal dievakuasi bersama teman-teman mahasiswa asal Indonesia lainnya itu.

Kota Wuhan dan beberapa kota lainnya di Provinsi Hubei diisolasi sejak 23 Januari 2020 untuk mencegah meluasnya virus corona yang hingga saat ini telah menewaskan 304 orang.

Setelah melalui negosiasi yang cukup panjang, pemerintah Tiongkok mengizinkan evakuasi warga negara asing, termasuk Indonesia, dari Wuhan dan sekitarnya dengan syarat kondisi warga asing tersebut sehat sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia.

Baca Juga: [FOTO] Proses Evakuasi 238 WNI dari Wuhan ke Bandara Hang Nadim Batam

https://www.youtube.com/embed/GB4nEDEXzFs

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya