[UPDATE] Kondisi 2 Pasien Positif Corona Semakin Membaik

Total ada 9 orang dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Jakarta, IDN Times - Direktur RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, mengatakan sampai Rabu siang ini total ada sembilan orang yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso akibat diduga terpapar virus corona. 

"Jadi saat ini sudah ada total sembilan yang dirawat di ruang isolasi ketat, yang dua sudah positif," kata Mohammad Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Rabu (4/3).

1. Tiga dari tujuh orang yang diawasi pernah menjalin kontak dengan pasien positif

[UPDATE] Kondisi 2 Pasien Positif Corona Semakin MembaikDirektur Utama RSPI Prof dr Sulianti Saroso, Mohammad Syahril saat memberi keterangan pers di RSPI Sulianti Saroso Rabu 4 Maret 2020 (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Syahril mengatakan bahwa tiga dari tujuh pasien yang sedang dalam pengawasan diketahui memiliki riwayat pernah menjalin kontak dengan dua pasien positif terjangkit virus Corona.

Sementara dua lainnya sedang dilacak karena pernah berkunjung ke daerah yang diduga endemis. "Hari ini kita menunggu hasilnya sampai besok laboratorium yang akan diumumkan pada media semua," jelasnya.

2. Pasien yang sudah dinyatakan positif kondisinya semakin membaik

[UPDATE] Kondisi 2 Pasien Positif Corona Semakin MembaikMobil Dinkes Depok di Ruang Isolasi RSPI Sulianti Saroso (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sementara itu, kondisi dua pasien yang telah dinyatakan positif terjangkit virus Corona disebut semakin membaik. Menurut Syahril Keduanya sudah tidak mengalami sesak nafas dan batuknya sudah berkurang.

"Mereka bisa berkomunikasi dengan keluarganya melalui HP," ujarnya.

3. Pemeriksaan akan dilakukan berulang kali dan bertahap

[UPDATE] Kondisi 2 Pasien Positif Corona Semakin MembaikRSPI Sulianti Saroso (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dalam memeriksa pasien ada sejumlah tahapan yang dilakukan tim dokter. Pertama pasien akan dicek selama lima hari pertama setelah dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Setelah selama lima hari dinyatakan negatif, pasien akan dicek lima hari lagi kemudian dipulangkan apabila benar-benar negatif.

"Jadi tetap laboratorium sebagai parameter untuk memulangkan pasien tersebut," ujarnya.

[UPDATE] Kondisi 2 Pasien Positif Corona Semakin Membaik(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Cara Mencegah Virus Corona untuk Pengendara Motor, Ini 5 Kuncinya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya