Comscore Tracker

Warga Ciledug Indah: Banjir Lebih Parah dari Tahun Lalu

Ketinggian air sempat mencapai 2 meter

Jakarta, IDN Times - Salah satu kompleks yang langganan banjir adalah Ciledug Indah, Tangerang. Tahun ini, banjir dinilai lebih parah. 

Hal itu disampaikan  Fauzan Alam, warga Ciledug Indah 2, Tangerang. Warga 28 tahun itu kini berada di lantai dua rumahnya menunggu banjir surut.

Selama 11 tahun tinggal di Ciledung Indah 2, menurutnya, ini adalah banjir terparah yang dialaminya, lebih parah dari tahun lalu. "Kenapa bisa saya bilang begitu? Karena saya ada patokan dari tangga rumah, beberapa anak tangga yang tahun lalu gak kena air, tapi tahun ini kena dan bahkan melewati anak tangga atasnya," kata Fauzan kepada IDN Times, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: [FOTO] Banjir Setinggi 80 Cm Landa Jalan Simatupang Dekat Kementan

1. Kronologi banjir, dimulai sejak hujan deras sejak Jumat malam

Warga Ciledug Indah: Banjir Lebih Parah dari Tahun LaluBanjir di Ciledug Indah 2 (Dok. Istimewa)

Ia menceritakan, awalnya hujan deras terjadi sejak Jumat, 19 Februari 2021 malam hingga Sabtu pagi pukul 4.30 WIB. Ia mulai beberes dari pukul 05.00 hingga 09.00 WIB. Ketika itu, air sudah naik sebetis kakinya.

"Kalau di jalanan depan rumah sepaha saya. Air berangsur naik, sampai saat ini pukul 16.05 WIB air sudah mencapai 2 meter kurang lebih. Tinggi saya 177 cm dan kelelep," kata Fauzan.

2. Gak panik karena sudah biasa langganan banjir, Fauzan: sudah persiapan

Warga Ciledug Indah: Banjir Lebih Parah dari Tahun LaluBanjir di Ciledug Indah 2 (Dok. IDN Times/Istimewa/Fauzi Alam)

Fauzan tinggal di Ciledug Indah 2 Blok E yang menjadi ujung kawasan tersebut, dekat dengan lapangan. Menurutnya jika banjir terjadi, tempatnya sangat minim sorotan karena akses masuk ke area rumahnya sulit.

Meski begitu ia mengaku baik-baik saja dan tidak panik. Ia meyakini stok makanan dan air bersih di rumahnya cukup untuk beberapa hari.

"Karena sudah dipersiapkan setiap bulan Desember sampai Maret pasti akan wanti-wanti banjir," ujarnya.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Yang Harus Kamu Lakukan Jika Terdampak Banjir 

3. Belum mendapat bantuan dari mana pun

Warga Ciledug Indah: Banjir Lebih Parah dari Tahun LaluIDN Times/ M Iqbal

Hingga saat ini Fauzan mengaku belum mendapat bantuan dari pihak pemerintah atau lainnya. Hal ini karena akses rumahnya yang sulit dijangkau.

Ia menduga banjir di kawasan Ciledug Indah 2 disebabkan air Kali Angke atau sungai yang mengalir di kawasan tersebut sudah dangkal dan kurang lebar. Pada 2017 hingga 2019 di Ciledug Indah 2 tidak ada banjir sama sekali.

"Tapi awal 2020 langsung parah dan yang terparah tahun ini 2021," ucapnya.

Baca Juga: Banjir Capai 150 Cm, 4 Titik di Serut Tangsel Jadi Titik Terparah

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya