Comscore Tracker

Tim Forensik RS Polri Autopsi Jenazah Cai Changpan

Cai Changpan adalah terpidana mati kasus narkoba

Jakarta, IDN Times - Jenazah Cai Changpan alias Cai ji Fan tiba di Ruang Instalasi Kedokteran Forensik pada Sabtu malam sekitar pukul 19.30 WIB. Jenazah selanjutnya diautopsi tim forensik RS Polri.

"Kami bawa ke RS Polri untuk autopsi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dilansir dari ANTARA, Minggu (18/10/2020).

Sebelumnya, jenazah Cai Changpan alias yang ditemukan tanpa nyawa oleh petugas Kepolisian di Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 17 Oktober 2020 pagi.

1. Cai Changpan merencanakan kabur selama berbulan-bulan

Tim Forensik RS Polri Autopsi Jenazah Cai ChangpanInfografis tentang terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan yang kabur (IDN Times/Arief Rahmat)

Cai Changpan yang merupakan terpidana mati kasus narkoba itu melarikan diri dari Lapas Klas 1 Tangerang pada 14 September 2020. Changpan diduga merencanakan pelariannya itu selama berbulan-bulan.

Salah satu indikasinya, dia melubangi lantai selnya dengan alat seadanya dari malam hingga subuh, setiap hari. Lubang dia buat hingga tembus gorong-gorong di luar lapas. 

Selain itu, berdasarkan keterangan saksi dan CCTV, dia juga sempat mampir ke warung rokok dekat lapas.

Baca Juga: Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi Tiongkok

2. Masuk daftar pencarian orang alias DPO

Tim Forensik RS Polri Autopsi Jenazah Cai ChangpanIlustrasi buronan (IDN Times/Arief Rahmat)

Polisi lalu meningkatkan status terpidana kasus narkoba itu menjadi daftar pencarian orang (DPO). Foto Changpan juga sudah disebarkan kepada masyarakat untuk memudahkan pencarian. Polisi juga telah menurunkan anggota Brimob Polda Metro Jaya dengan bantuan anjing pelacak (K-9).

Changpan sempat dikabarkan kabur ke Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Dia bahkan sempat mengunjungi kediaman istri dan keluarganya setelah beberapa jam kabur. Menurut keterangan warga, Cai Changpan sempat keluar hutan di tengah persembunyiannya.

3. Kabur ke hutan, Changpan pernah mendapat pendidikan militer di Tiongkok

Tim Forensik RS Polri Autopsi Jenazah Cai ChangpanIlustrasi hutan. (IDN Times/Bagus F)

Kepolisian juga telah memintai keterangan sejumlah warga di desa yang berdekatan dengan Hutan Tenjo yang diduga menjadi lokasi persembunyian Cai Changpan.

Berdasarkan pemeriksaan tersebut diperoleh keterangan bahwa terpidana kasus narkoba itu sempat muncul di salah satu desa untuk membeli makanan dan kembali menghilang ke dalam hutan.

Dugaan tersebut diperkuat dengan latar belakang Cai yang pernah menjalani pendidikan militer saat berada di China. Polisi menduga Cai mempunyai kemampuan untuk bersembunyi dan bertahan hidup di dalam hutan.

Baca Juga: [BREAKING] Napi Cai Changpan Ditemukan Tewas di Tempat Pembakaran Ban

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya