Lima Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Terindikasi PMK

Hewan tersebut berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang menemukan adanya lima hewan ternak di wilayahnya yang terindikasi terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). Kelima hewan tersebut berasal dari satu peternakan di wilayah Kecamatan Curug.

"Saat ini kami sudah ambil sampel dari hewan tersebut untuk memastikan apakah benar terpapar PMK," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Hustri Windayani, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: 4 Hewan Ternak Terjangkit PMK, Pemkab Serang Bentuk Satgas PMK

1. Sampel telah dikirim ke laboratorium di Subang, Jawa Barat

Lima Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Terindikasi PMKIlustrasi pengangkutan hewan ternak. (dok. IDN Times/Istimewa)

Hustri mengungkapkan, setelah diambil beberapa sampel, lalu pihaknya mengirimnya ke laboratorium Balai Veteriner di Subang, Jawa Barat.

"Hewannya sendiri sudah kita berikan pengobatan," ujar Hustri.

2. Hewan yang terindikasi PMK baru datang dari Wonogiri

Lima Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Terindikasi PMKIlustrasi sapi. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Hustri menuturkan, kelima hewan ternak tersebut bukan diternakkan di Kabupaten Tangerang, melainkan baru saja dikirim dari Wonogiri, Jawa Tengah.

"Untuk sekarang ini tidak boleh adanya keluar masuk dulu bagi hewan-hewan di lokasi ternak ini. Kita juga lakukan pemantauan secara rutin," tuturnya.

3. Seluruh peternakan di Kabupaten Tangerang diawasi ketat

Lima Hewan Ternak di Kabupaten Tangerang Terindikasi PMKPemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Saat ini, kata Hustri, seluruh peternakan di Kabupaten Tangerang diawasi ketat agar tidak ada penyebaran PMK, terlebih menjelang hari raya Idul Adha. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan di 530 peternakan dengan total hewan sebanyak 5.546 ekor, tidak ditemukan adanya hewan terjangkit PMK.

"Sejauh ini untuk hewan ternak milik petani atau ternak di Kabupaten Tangerang belum ada penemuan kasus PMK, masih aman. Hanya saja saat ini penemuan itu dari luar daerah," jelasnya.

Baca Juga: Antisipasi Wabah PMK, Pengiriman Hewan Ternak ke Banten Diperketat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya