Kasus COVID-19 Masih Tinggi, DPR Bahas Tahapan Pilkada dengan Mendagri

Rapat juga akan diikuti KPU dan Bawaslu

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, mengatakan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 masih berjalan sebagaimana yang direncanakan meski pandemik COVID-19 masih terus berlangsung.

“Situasi di 270 Wilayah yang melaksanakan Pilkada masih terkendali. Tinggal kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tahapan berikutnya, khususnya yang rawan kembali terjadinya pelanggaran terhadap Protokol Kesehatan COVID-19, seperti tahapan penetapan pasangan calon, masa kampanye, dan hari pemilihan,” kata Doli saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

1. Komisi II DPR gelar rapat kerja hari ini bahas penyelenggaraan tahapan Pilkada

Kasus COVID-19 Masih Tinggi, DPR Bahas Tahapan Pilkada dengan MendagriIlustrasi pekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS. IDN Times/Prayugo Utomo

Komisi II hari ini menggelar rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi pelaksanaan tahapan berikutnya.

“Utamanya merumuskan aturan-aturan yang lebih kuat, tegas, dan ketat dalam penegakan disiplin dan penerapan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 pada Pilkada Serentak 2020.

Baca Juga: Minta Pilkada Ditunda, PKS: Berkacalah Pada Selandia Baru

2. Komisi II akan meminta penjelasan terkait perubahan PKPU

Kasus COVID-19 Masih Tinggi, DPR Bahas Tahapan Pilkada dengan MendagriIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Komisi II dalam rapat kerja nanti pukul 13.00 WIB kata Doli, akan meminta penjelasan dari KPU tentang perubahan Peraturan KPU yang mengatur seluruh tahapan terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

“Selain penguatan PKPU, kami juga mendorong agar pemerintah segera menyusun dan menerbitkan Perppu yang lebih tegas dalam penegakan disiplin dan penerapan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan COVID-19,” ujarnya.

3. Doli optimistis tahapan Pilkada tetap berjalan

Kasus COVID-19 Masih Tinggi, DPR Bahas Tahapan Pilkada dengan MendagriIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Doli mengatakan dirinya tetap optimistis bisa menjalankan seluruh agenda nasional, termasuk Pilkada, walaupun di tengah masa pandemik COVID-19. Ia berkaca pada 40-an negara yang telah melaksanakan Pemilu, baik nasional maupun lokal di masa pandemik.

“Bahkan Amerika Serikat juga sedang melangsungkan Pemilu Presiden hingga November ini, padahal jumlah kasus COVID-19 di sana jauh lebih tinggi. Dan Indonesia adalah negara yang terakhir akan melaksanakan Pemilu dari seluruh negara di dunia di tahun 2020 ini,” ujarnya.

Baca Juga: PDI Perjuangan Ngotot Pilkada Harus Segera Dilakukan, Ini Alasannya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya