Curangi Takaran, SPBU di Kibin Serang Disanksi Pertamina

Polda Banten tetapkan 2 tersangka, termasuk pemilik SPBU

Serang, IDN Times - Pertamina Patra Niaga Subholding Regional Jawa Bagian Barat menjatuhkan sanksi kepada pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 3442117 di Kibin, Kabupaten Serang. SPBU ini tidak boleh beroperasi selama 6 bulan. 

Sanksi ini menyusul kasus kecurangan takaran bahan bakar minyak (BBM) yang sebelumnya diungkap Polda Banten. Dalam kasus ini, Polda Banten sudah menetapkan dua tersangka, termasuk pemilik SPBU. 

"Kami tidak akan mentolerir jika ada oknum SPBU yang melakukan tindakan kecurangan seperti ini, karena ini sangat merugikan masyarakat. Maka sanksi yang diberikan pun tidak segan-segan," kata Eko Kristiawan selaku Area Manager Communication, Relation, dan CSR Regional Jawa Bagian Barat, Jumat (23/6/2022). 

Baca Juga: Curangi Takaran BBM, Pemilik SPBU Keruk Untung Hingga Rp7 Miliar

1. Sanksi tegas itu bagian dari pembinaan dan pengawasan SPBU yang curang

Curangi Takaran, SPBU di Kibin Serang Disanksi PertaminaDok IDN Times/ Pertamina Jawa Bagian Barat

Ia menjelaskan sanksi tersebut juga diberikan sebagai pembinaan dan pengawasan terhadap SPBU yang berbuat kecurangan, karena hal itu sudah sesuai dengan kontrak perjanjian kerja sama dengan pihak SPBU. 

"Memodifikasi mesin dispenser menggunakan alat berupa remote control itu sangat tidak dibenarkan," ujarnya.

Ia mengungkapkan kegiatan penjualan BBM berjenis Pertalite, Pertamax, Pertamina Dex, Dexlite, dan Solar ini dilakukan oleh oknum petugas SPBU dengan cara melakukan pengaturan pada mesin dispenser yang sudah dimodifikasi dengan menggunakan alat berupa remote control.

2. Ini SPBU terdekat dari Kibin

Curangi Takaran, SPBU di Kibin Serang Disanksi PertaminaDok IDN Times/ Pertamina Jawa Bagian Barat

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawal dan mengawasi penyaluran distribusi BBM bersubsidi, dan apabila menemukan indikasi kecurangan dapat melaporkan kepada aparat kepolisian maupun Pertamina Call Center 135.

"Adapun SPBU terdekat dari SPBU 3442117 Gorda Kibin adalah SPBU 3442120 yang berjarak sekitar 4.5 km dan SPBU 3442102 yang berjarak sekitar 5 km," tuturnya.

Baca Juga: Arti Kode SPBU Pertamina, 31, 34, dan 54, Gak Semua Milik Pertamina!

3. Pertamina tingkatkan pengawasan penyaluran BBM ke SPBU

Curangi Takaran, SPBU di Kibin Serang Disanksi PertaminaOperator SPBU mengisi BBM pada mobil saat perkenalan kepada konsumen program baru layanan pesan antar BBM (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Subholding Regional Jawa Bagian Barat pun memperketat pengawasan penyaluran BBM ke SPBU untuk sebagai langkah antisipasi terjadinya kecurangan takaran BBM.

"Pertamina telah dan akan selalu melakukan komunikasi, pembinaan dan pengawasan terhadap mitra usaha sebagai langkah antisipasi terjadinya kecurangan takaran BBM," kata Eko Kristiawan. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya