Dinkes Tangerang Ajak Perempuan Periksa Payudara ke Faskes

Mari mencegah kanker payudara sejak dini

Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengajak kalangan perempuan untuk aktif memeriksa payudara ke fasilitas kesehatan. Hal ini dalam rangka mencegah kanker payudara.

"Pemeriksaan payudara klinis ini sebagai upaya pemeriksaan kanker payudara," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/2/2024). 

Baca Juga: Libur Panjang, 176.099 Kendaraan Bakal Lintasi Tol Tangerang Merak

2. Selain itu, pencegahan kanker serviks juga perlu digencarkan

Dinkes Tangerang Ajak Perempuan Periksa Payudara ke Faskeslawankanker.org

Selain itu, Dini juga menekankan, perempuan perlu melaksanakan tes inspeksi visual asam asetat (IVA Test) dan pap smear untuk mencegah kanker serviks

"Beberapa pencegahan kanker lainnya dapat dilakukan dengan memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan," katanya.

Sebagai langkah antisipasi dalam pencegahan warga terkena kanker, Dinas Kesehatan setempat mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

2. Cara mencegah kanker bagi kaum perempuan

Kanker payudara dan serviks kerap menimpa perempuan. Penyakit mematikan ini bisa dicegah sejak dini. Selain rutin memeriksakan diri, perempuan pun harus melaksanakan sejumlah upaya pencegahan.

Beberapa upaya itu, seperti tidak merokok, menghindari mengonsumsi alkohol, meminimalkan paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya, dan vaksinasi Hepatitis B dan Human Papillomavirus (HPV) pada anak.

Warga juga diminta untuk berolahraga minimal tiga menit sehari dan konsumsi diet sehat dengan makanan tanpa pemanis, pengawet, perasa, dan pewarna.

"Para ibu juga dianjurkan memberikan ASI eksklusif kepada bayi untuk mengurangi risiko kanker. Kami harap, masyarakat juga terus menerapkan PHBS, termasuk mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang," katanya.

Baca Juga: Disdukcapil Tangerang Tetap Buka Saat Pemilu 14 Februari!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya