Dishub Tangerang Tutup Akses Jalan ke TPA Rawa Kucing 

TPA Rawa Kucing terbakar sejak Jumat siang

Tangerang, IDN Times - Para petugas dari gabungan terus berjibaku memadamkan api di kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Sabtu (21/10/2023). Salah satu upaya itu adalah menutup akses menuju TPA tersebut. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Achmad Suhaely mengatakan, Dishub menutup jalan Simpang yang menuju TPA Rawa Kucing. Pengendara dialihkan ke akses Kawasan Bandara Mas.

Sedangkan kendaraan yang akan menuju ke TPA Rawa Kucing dari arah Kedaung dialihkan ke Jalan SMKN 6 Kota Tangerang lintas Kawasan Bandara Mas.

Baca Juga: TPA Rawa Kucing Masih Terbakar, Petugas Damkar Sesak Napas

1. Kendaraan yang bisa melintas di TPA dibatasi hanya petugas dan suplai air

Dishub Tangerang Tutup Akses Jalan ke TPA Rawa Kucing Kebakaran TPA Rawa Kucing, Tangerang (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Achmad Suhaely mengungkap, kendaraan yang dapat melintas sekitaran TPA Rawa Kucing hanya kendaraan petugas dan kendaraan suplai air. Dalam rekayasa lalu lintas itu, imbuhnya, Dishub Tangerang terus berkoordinasi dan bersinergi dengan jajaran Satlantas Polres Metro Tangerang Kota.

Petugas Dishub pun disebar di beberapa lokasi yang rawan terjadi kepadatan lalu lintas agar pengendara tidak terjebak dan menemukan akses jalan. Dishub Kota Tangerang juga menerjunkan puluhan petugas PJU di lokasi kejadian untuk membantu penerangan dengan genset dan lampu sorot.

"Kita semua sama-sama bekerja keras, melakukan yang terbaik, bergerak melakukan apa yang bisa kita lakukan, untuk mempercepat penanganan kebakaran ini," kata dia, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (21/10/2023). 

2. Dinkes Tangerang menyediakan mini ICU di lokasi kebakaran

Dishub Tangerang Tutup Akses Jalan ke TPA Rawa Kucing Ilustrasi tabung oksigen medis (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga sudah menyiagakan mini ICU hingga tabung oksigen sejak kebakaran terjadi pada Jumat, 20 Oktober 2023. Peralatan ini untuk membantu petugas maupun warga yang sedang memadamkan api di TPA Rawakucing.

"Ambulans Smart 119 sebagai ambulans mini ICU sudah dikerahkan di lokasi kejadian, untuk cepat melakukan penanganan jika dibutuhkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Dini Anggraeni.

Dinkes juga akan mengupayakan layanan rumah sakit rujukan jika dibutuhkan penanganan lebih lanjut atau serius. Selain itu, juga disediakan obat-obatan dan nebulizer.

3. Kebakaran muncul di tengah cuaca hari Jumat yang panas

Dishub Tangerang Tutup Akses Jalan ke TPA Rawa Kucing Kebakaran TPA Rawa Kucing, Tangerang (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin)

Diberitakan sebelumnya, kebakaran di TPA Rawakucing terjadi pukul 14.00 WIB yang diduga disebabkan cuaca panas. Api cepat membesar karena sampah plastik yang mudah terbakar.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan api muncul pertama kali di area landfill pintu satu. Namun karena kencangnya tiupan angin merambat ke tumpukan sampah di pintu dua dan tiga.

Baca Juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing Berawal di Area Landfill

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya