Kisah R, Bocah Tangerang yang Berhasil Kabur dari Penculiknya

Sejumlah kasus penculikan bermunculan belakangan ini

Tangerang, IDN Times - Seorang bocah berinisial R sempat menjadi korban penculikan. Namun, dia berhasil kabur dari penculiknya. 

Bocah berusia 11 tahun itu kini menjalani pendampingan psikologi setelah insiden penculikan yang menimpanya. 

1. Penculikan bermula saat korban R tengah mencari barang bekas bersama dua kawannya

Kisah R, Bocah Tangerang yang Berhasil Kabur dari PenculiknyaIlustrasi (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Dikutip dari Antara, Selasa (17/1/2023), korban R dilaporkan hilang saat sedang mencari barang-barang bekas atau mulung bersama dua rekan sebayanya F (12) dan R (12). Orangtuanya melaporkan kehilangan R pada Minggu (15/1/2023), sekitar pukul 19.30 WIB.

"Sebelumnya orangtua korban melapor ke anggota SPKT Polsek Cipondoh, karena belum 1×24 jam, keluarga diminta untuk menunggu, lalu diarahkan ke Polsek Pinang karena berada di wilayah hukum Polsek Pinang," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho. 

2. Korban R sempat dibawa penculiknya ke Monas hingga Bogor

Kisah R, Bocah Tangerang yang Berhasil Kabur dari PenculiknyaMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Menurut keterangan korban R, pada saat memulung bersama kawan-kawannya, dia didatangi seseorang memakai pakaian ojek online. Korban dijanjikan untuk mengambilkan koper dan dibayar Rp20 ribu.

Korban dibawa pelaku ke Masjid Al-Azhom Kota Tangerang. Dari situ, pelaku membawa R ke Monas Jakarta Pusat, lalu ke arah Rumpin Bogor.

"Saat di daerah Ciseeng, Rumpin Bogor, pelaku meninggalkan korban untuk buang air kecil di semak-semak pinggir jalan, saat itulah digunakan korban untuk melarikan diri dari upaya penculikan pelaku," ujar Zain.

3. Korban R meminta tolong dan kemudian diantar pulang

Kisah R, Bocah Tangerang yang Berhasil Kabur dari PenculiknyaR, korban penculikan bersama keluarga dan pendamping (Antara)

Di tugu perbatasan Tangerang - Bogor, korban menangis. Dia kemudian meminta tolong kepada seorang yang melintas bernama Dendi Maulana (20). 

Dendi kemudian mengajak R ke rumahnya. Keesokan harinya, Dendi mengantarkan R ke pulang ke daerah Gempol, Kecamatan Pinang. "Korban lalu diantarkan tukang bambu di Gempol, Pinang ke rumahnya," ujar Zain.

4. R kini dalam pemulihan dari sisi psikologi

Kapolres Kombes Zain menjelaskan R yang merupkan warga Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang itu telah ditemukan dalam keadaan sehat setelah diantarkan seseorang ke rumahnya.

R kini dalam masa pemulihan psikologi oleh nit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Polres Metro Tangerang Kota. "Pendampingan untuk mengembalikan psikologi anak," kata Zain.

Sebelumnya, seorang bocah bernama Adriana Syahfitri diculik di Cilegon. Bocah berusia 4 tahun ini belum ditemukan. 

Terduga pelaku, Herdiansyah (32) alias Diyansyah, kini sudah masuk daftar pencarian orang atau DPO.

Baca Juga: Masuk DPO, Ini Muka Penculik Bocah di Cilegon

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya