Kunjungan Wisatawan di Libur Lebaran ke Banten Lebihi Target 

Pantai menjadi tempat favorit wisatawan

Serang, IDN Times - Dinas Pariwisata Provinsi Banten, mencatat kunjungan wisatawan saat libur lebaran 2024 melebihi target. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi mengatakan, objek wisata pantai menjadi lokasi yang paling banyak diminati wisatawan. 

Pada periode liburan lebaran itu, ada 3.031.045 orang yang berwisata ke Banten. Ini melebihi target yang sebelumnya ditetapkan, yakni tiga juta orang.

"Banten itu memiliki wisata unggulan dari masing-masing kabupaten/kota. Namun demikian wisata pantai masih menjadi favorit," kata Al Hamidi, seperti dikutip dari Antara, Senin (29/4/2024).

1. Setiap daerah memiliki tempat wisata dengan keunggulan masing-masing

Kunjungan Wisatawan di Libur Lebaran ke Banten Lebihi Target Branchsto Equestrian BSD (instagram.com/branchsto)

Jumlah kunjungan wisatawan tersebut berdasarkan hasil pendataan di kabupaten dan kota dengan keunggulan wisata di daerah masing-masing.

"Wisata religi kedua karena ada anggapan, 'tidak afdhol' melakukan wisata kalau tidak ke pantai atau ziarah ke lokasi wisata religi, seperti Banten lama," katanya.

Sementara, destinasi wisata kuliner dan belanja juga masih menjadi unggulan, terutama untuk wilayah seperti Tangerang Raya.

Baca Juga: Pantai Pandan Carita Banten, Suasananya Mirip Bali

2. Sebanyak 30 persen wisatawan berasal dari luar Banten

Kunjungan Wisatawan di Libur Lebaran ke Banten Lebihi Target Pantai Anyer di Banten (. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Al Hamidi juga menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan yang datang masih didominasi wisatawan lokal yang jumlahnya diperkirakan mencapai 70 persen. Sedangkan 30 persen lainnya merupakan wisatawan dari luar Banten.

"Misalnya dari DKi Jakarta, Jawa Barat, dan Lampung. Karena ada saja wisatawan yang menyeberang dari Lampung itu mampir dulu ke Banten," kata Al Hamidi.

3. Liburan berjalan lancar, minim kecelakaan

Kunjungan Wisatawan di Libur Lebaran ke Banten Lebihi Target Akses ke Pantai Carita macet total (Antara/Desi Purnama Sari)

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Banten Tunul Lasmiatin menambahkan, tidak ada laporan menonjol selaama libur lebaran tersebut. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi timnya.  

"Alhamdulillah tidak banyak laporan kecelakaan atau peristiwa di pantai. Karena di sejumlah titik wisata pantai telah ditempatkan anggota Balawista yang sudah terlatih," kata Tunul.

Selain Balawista, ada sejumlah pihak yang diajak sinergi, seperti kepolisian, Basarnas, dan pihak lainnya.

Baca Juga: Jalur ke Pantai Carita via Mengger Mandalawangi Macet

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya