Libur Panjang, 176.099 Kendaraan Bakal Lintasi Tol Tangerang Merak

Pengguna jalan diimbau mengatur jadwal perjalanan

Serang, IDN Times - Sebanyak 176.099 kendaraan diperkirakan akan melintas di ruas jalan Tol Tangerang-Merak (Tamer) pada libur panjang akhir, yakni hingga Minggu (11/2/2024). Direktur Astra Tol Tamer, Rinaldi memperkirakan, masyarakat akan  memanfaatkan libur panjang akhir pekan ini untuk bepergian.

"Diprediksi akan terjadi peningkatan kendaraan yang melintas hingga 0,86 persen atau 176.099 kendaraan jika dibandingkan dengan tahun 2023," kata Rinaldi, seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/2/2024). 

Dia juga mengungkap, pada 2023 pada periode yang sama, sebanyak 172.253 kendaraan melintas di Tol Tamer.

Baca Juga: 7 Kafe Estetik di Tangerang, Ada yang Bisa Bawa Anabul

1. Puncak libur Isra’Miraj hingga Imlek di ruas Tol Tamer terjadi pada 7 Februari

Libur Panjang, 176.099 Kendaraan Bakal Lintasi Tol Tangerang MerakGerbang Tol Cilegon Timur, Banten (Dok. IDN Times/Humas Astra Tol Tangerang - Merak)

Lebih lanjut Rinaldi juga mengungkap, puncak arus lalu lintas libur panjang Isra’Miraj dan Imlek di ruas Tol Tamer, terjadi pada 7 Februari 2024 dengan kenaikan trafik hingga 3,22 persen atau sebesar 170 ribu kendaraan dibandingkan lalu lintas harian normal. 

"Rata-rata lalu lintas harian normal sebanyak 150 ribu kendaraan," katanya.

2. Astra Tol Tamer menambah gardu satelit hingga menyiagakan petugas

Untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas di Tol Tamer, kata Rinaldi, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, mulai dari mengaktifkan tambahan gardu satelit di entrance gate Cikupa, serta menyiagakan petugas untuk mempercepat transaksi di gerbang tol.

"Kami juga memastikan kesiapan fasilitas rest area bersama pihak pengelola, baik dari sisi ketersediaan maupun kebersihannya," katanya.

Baca Juga: Dipatuk Ular Berbisa, Warga Baduy Dirujuk ke RSUD Banten

3. Pengguna jalan diimbau mengatur waktu perjalanan

Libur Panjang, 176.099 Kendaraan Bakal Lintasi Tol Tangerang MerakTol Tangerang-Merak (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Di sisi lain, dia juga mengimbau pengguna jalan untuk mengatur jadwal perjalanan--termasuk saat kembali dari liburan--agar terhindar dari puncak arus lalu lintas serta tidak terjebak kepadatan atau antrian lalu lintas. 

Selain itu, pengguna jalan juga diharapkan mematuhi aturan keselamatan berkendara, memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) mencukupi, serta selalu cek kondisi traffic dan rute alternatif.

Untuk mengetahui info lalu lintas di ruas Tol Tangerang-Merak, pengguna jalan juga dapat melihat beberapa tampilan kamera pantau di website margamandala.co.id, serta update traffic report di media sosial Astra Tol Tamer di titik-titik lokasi penting di ruas Tol Tangerang-Merak.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya