MUI Lebak Minta Warga Gak Terprovokasi Pernyataan Muhammad Kece

Muhammad Kece adalah youtuber yang diduga menista agama

Lebak, IDN Times - Polisi telah menangkap YouTuber Muhammad Kece di Bali karena diduga menista agama Islam. Majelis Ulama  Indonesia (MUI) Lebak pun meminta warga menyerahkan masalah ini kepada kepolisian. 

"Kita menyerahkan kasus ini sepenuhnya ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti secara hukum," kata Ketua MUI Lebak KH Pupu Mahmudin, seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/8/2021). 

YouTuber Muhammad Kace alias Muhammad Kece yang dilaporkan karena penistaan agama, ditangkap di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Baca Juga: YouTuber Muhammad Kece Ditangkap di Bali, Dibawa ke Jakarta Hari Ini

1. Masyarakat jangan terprovokasi oleh pernyataan Muhammad Kece

MUI Lebak Minta Warga Gak Terprovokasi Pernyataan Muhammad KeceKetua MUI Lebak KH Pupu Mahmudin (Antaranews)

Pupu pun meminta masyarakat tidak terpancing dan terprovokasi pernyataan Muhammad Kece dalam video yang diunggah ke Youtube. 

 Menurut dia, pernyataan Muhammad Kece bisa mengganggu kerukunan umat beragama dan menimbulkan permusuhan juga memecah belah persatuan serta kesatuan bangsa.

"Pernyataan Muhammad Kece dalam Youtube telah melukai hati umat Islam dengan menyebar kebencian," kata Pupu. 

Menurut dia, pernyataan Muhammad Kece lewat channel Youtube itu memenuhi unsur penistaan agama Islam. Namun, kata dia, masyarakat khususnya umat Islam jangan bertindak berlebihan menanggapi hal tersebut.

 "Kita percayakan kasus ini ke lembaga kepolisian yang berwenang untuk memproses secara hukum," kata pimpinan pesantren modern Daarussa’adah tersebut. 

Baca Juga: Polri: 20 Video Dugaan Penistaan Muhammad Kece Diturunkan dari YouTube

2. Sikap toleransi di tengah perbedaan agama, suku, dan bahasa harus dijaga

MUI Lebak Minta Warga Gak Terprovokasi Pernyataan Muhammad KeceIlustrasi Bhinneka Tunggal Ika (IDN Times/Mardya Shakti)

Pupu juga meminta agar orang-orang yang menebar kebaikan sebaiknya juga menjaga sikap toleransi dengan menghormati serta menghargai di tengah perbedaan agama, suku, bahasa, dan adat.

Selama ini, kerukunan umat beragama di Indonesia patut diapresiasi dan berjalan dengan baik. Sebab, kata dia, semua ajaran agama diperintahkan untuk berbuat kebaikan dan menebar persaudaraan serta kasih sayang.
 
"Allah SWT menciptakan manusia di muka bumi dengan perbedaan, keragaman agar saling bersatu dan melindungi serta jangan terjadi perpecahan," kata dia. 

3. Muhammad Kece dibawa ke Bareskrim Jakarta

MUI Lebak Minta Warga Gak Terprovokasi Pernyataan Muhammad KeceMuhammad Kace. (youtube.com/Muhammad Kace)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Bali Kombespol Syamsi mengungkapkan, Muhamaf Kece ditangkap di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, pada Selasa (24/8/2021). Penangkapan tersebut langsung dipimpin oleh Direktur Cyber Mabes Polri bersama dengan Subdit Cyber Polda Bali.

“Iya betul. Jadi tadi malam pukul 19.45 Wita dilakukan penangkapan terhadap Muhammad Kece di Desa Dalung, Kuta Utara,” jelasnya.

Muhammad Kece kemudian dibawa ke Jakarta pada Rabu (25/8/2021). Namun kapan tepatnya berangkat melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pihak Polda Bali tidak memberi penjelasan.

“Dibawa ke Jakarta karena pemeriksaan selanjutnya kan dilakukan di Jakarta,” jelasnya

Baca Juga: Lokasi Wisata di Lebak Boleh Kembali Beroperasi 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya