Nakes di Tangsel Dimint Cek Rutin Kesehatan Petugas Pemilu

Sejumlah petugas pemilu di Tanah Air, meninggal dunia

Tangerang, IDN Times - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan memerintahkan agar para tenaga kesehatan (nakes) memeriksa kondisi para petugas saat pemilihan umum (pemilu) secara berkala. 

"Sebab petugas (pemilu) ini bekerja dari sebelum pemungutan suara hingga kini," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan, seperti dikutip dari Antara, Senin (19/2/2024). 

Baca Juga: Fakta-Fakta Pemilu di Tangsel, Ada Dugaan Penggelembungan Data

1. Pada Pemilu 2024, Dinkes Tangsel mengerahkan 1.230 nakes

Nakes di Tangsel Dimint Cek Rutin Kesehatan Petugas PemiluPemeriksaan petugas Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Ia mengungkapkan selama pelaksanaan Pemilu 2024, Dinas Kesehatan mengerahkan 1.230 tenaga kesehatan untuk memastikan kesehatan para petugas.

Ia juga menjelaskan dari laporan dinas kesehatan diketahui pasien paling banyak yang menjalani pemeriksaan berasal dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Selain itu, ada juga pemilih, petugas Bawaslu, PPS, saksi dan lainnya yang memeriksakan diri. Seluruh orang yang terkait dalam pemilu dipantau kesehatannya.

2. Upaya di bidang kesehatan ini merupakan antisipasi banyaknya korban, seperti di Pemilu 2019

Ia menuturkan berbagai persiapan memang telah dilakukan Pemkot Tangsel mengantisipasi adanya korban pada Pemilu 2019. Di pemilu itu, ada ratusan petugas pemilu yang meninggal karena sakit saat bekerja.

"Maka itu kami selalu pastikan kesehatan seluruh pihak dari petugas hingga warga agar pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Wakil Wali Kota Pilar juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang terlibat memastikan Pemilu berlangsung lancar.

"Terima kasih kepada kawan-kawan tenaga kesehatan yang sudah bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para petugas TPS, warga, kita doakan semoga semua berjalan lancar, aman dan sehat selalu," katanya.

3. Terima kasih nakes dan semua yang sudah menjaga pemilu berjalan lancar~

Nakes di Tangsel Dimint Cek Rutin Kesehatan Petugas PemiluMenteri keuangan, Sri Mulyani saat melakukan pencoblosan TPS 073 Bintaro pada Rabu (14/2/2024). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Wakil Wali Kota Pilar juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang terlibat memastikan pemilu berlangsung lancar.

"Kita doakan semoga semua berjalan lancar, aman dan sehat selalu," katanya.

Baca Juga: Banjir, Proses Pencoblosan 16 TPS di Pondok Aren Ditunda

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya