Pemkab Lebak Siapkan TPU Non-Muslim 

Usulan TPU non-muslim ini muncul dalam audiensi dengan FKUB

Lebak, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Lebak (Pemkab) Lebak bakal memfasilitasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) non-muslim. Lokasinya di Kampung Tanjong, Desa Narimbang Mulya, Rangkasbitung.

"Kami berharap TPU non-muslim itu bisa secepatnya memiliki izin setelah proses persyaratan lingkungan terpenuhi," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lebak H Iyan Fitrayana, seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (11/9/2024). 

Baca Juga: Mobil Terjun ke Jurang, ASN Lebak Tewas

1. Usulan TPU non-muslim ini muncul dalam audiensi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)

Usulan adanya TPU non-muslim ini muncul setelah ada pertemuan audensi Penjabat Bupati Lebak Gunawan Rusminto bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).
 
Dalam pertemuan itu salah satu anggota FKUB Lebak mengusulkan TPU non-muslim, karena yang ada sekarang sudah penuh.
 
"Kami nanti akan melaksanakan rapat bersama pemangku kepentingan lain, tokoh agama, FKUB, Kemenag, Kesbangpol dan tokoh masyarakat untuk pembahasan TPU non-muslim," katanya.

2. Lahan seluas 5.000 m2 disiapkan untuk TPU non-muslim ini

Pemkab Lebak Siapkan TPU Non-Muslim Ilustrasi Alkitab (pexels.com/Pixabay)

Sementara itu, Randi selaku anggota FKUB Lebak mengatakan, pihaknya kini telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 5.000 meter persegi di Kampung Tanjong Desa Narimbang Mulya Rangkasbitung untuk lokasi TPU non-muslim juga TPU Rumah Duka di Kampung Sukajadi Desa Jati Mulya Rangkasbitung.
 
Untuk lahan TPU di Kampung Tanjong yang lokasinya berdekatan dengan TPU Muslim itu masih dalam pengajuan untuk mengantongi sertifikat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). TPU non-muslim di Tanjong itu nantinya dapat menampung warga beragama Buddha, Kristen, dan Katolik.
 
"Kami berharap proses perizinan lingkungan TPU non-muslim bisa terealisasi, mengingatkan pemakaman non-muslim sudah penuh," kata Randi yang juga pengurus Vihara Ananda Avalokitesvara Rangkasbitung itu. 

2. Ketua FKUB Lebak: belum ada penolakan adanya TPU non-muslim

Pemkab Lebak Siapkan TPU Non-Muslim Ilustrasi TPU di Lebak (ANTARA/Mansyur)

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Lebak, H Haerudin mengungkap, pihaknya mendukung usulan adanya TPU non-muslim, karena jumlah populasi penduduk di daerah itu terus meningkat.

"Kami berharap pemda dan masyarakat dapat memberikan dukungan terlaksananya TPU non-muslim itu," kata Haerudin.

Namun, FKUB minta pemerintah daerah mensosialisasikan kepada masyarakat agar pelaksanaan TPU non-muslim kondusif dan aman. Meski saat ini, kata dia, pihaknya belum menerima adanya penolakan dari warga. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya