Pemudik yang Berasal dari Zona Merah COVID-19 Ditolak Masuk Lebak!

Terminal Mandala sepi dari pemudik

Lebak, IDN Times - Arus mudik tak tampak di Terminal Bus Mandala Kabupaten Lebak, Banten. Ya, beberapa hari jelang hari raya Idulfitri,  terminal ini tampak sepi. 

Tak ada lonjakan penumpang yang hendak ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran 2020.

"Kita hingga kini masih sepi dan tidak ada pemudik yang berangkat maupun turun, karena adanya larangan dari pemerintah daerah," kata Pejabat Sementara Kepala Terminal Bus Mandala Kabupaten Lebak Kosasih di Lebak, seperti dikutip dari Antara (20/5).

1. Ada larangan mudik, angkutan dibatasi

Pemudik yang Berasal dari Zona Merah COVID-19 Ditolak Masuk Lebak!(IDN Times/Arief Rahmat)

Kosasih mengakui, selama ini pihaknya memang tidak melayani Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP) untuk angkutan Lebaran. Hal itu seiring adanya larangan mudik dari pemerintah pusat. 

Terminal Bus Mandala, imbuhnya, bisa dilayani Angkutan Kendaraan Dalam Provinsi (AKDP), namun jumlah angkutan yang beroperasi relatif sedikit.

Kebanyakan penumpang AKDP itu, katanya, dari wilayah Serang dan Tangerang di mana mereka bukan pemudik, melainkan pekerja.

Baca Juga: [BREAKING] Presiden Jokowi: Semua Mudik Akan Dilarang!

2. Posko perbatasan tetap dijaga ketat, orang dari daerah-daerah ini dilarang masuk Lebak

Pemudik yang Berasal dari Zona Merah COVID-19 Ditolak Masuk Lebak!ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Meski demikian, pemerintah daerah tetap menjaga ketat posko perbatasan untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

Pemudik berasal dari zona merah penyebaran COVID-19, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Depok, Bogor, dan Bekasi akan ditolak masuk Kabupaten Lebak.

"Semua warga yang akan masuk ke wilayah Lebak dilakukan pemeriksaan suhu tubuh juga identitas KTP guna mencegah pandemi COVID-19 itu," kata Kosasih.

2. Sepinya terminal berdampak pada pendapatan operator angkutan

Pemudik yang Berasal dari Zona Merah COVID-19 Ditolak Masuk Lebak!Ilustrasi (IDN Times/Ita Malau)

Di sisi lain, Kosasih mengakui, sepinya penumpang mudik tersebut tentu berdampak terhadap pendapatan operator angkutan antarkecamatan, seperti yang melayani jurusan Malingping-Bayah-Cikotok.

Pengemudi memarkir kendaraannya di terminal sambil menunggu penumpang, sebab pemerintah daerah melarang pemudik dari luar daerah masuk wilayah Lebak.

Mereka boleh membawa penumpang mudik ke kampung halaman, namun harus memiliki surat keterangan sehat dari daerah bersangkutan. "Sampai hari ini belum terlihat lonjakan penumpang pemudik Lebaran 2020," katanya.

4. Sopir keluhkan sepinya penumpang

Pemudik yang Berasal dari Zona Merah COVID-19 Ditolak Masuk Lebak!ilustrasi (IDN Times/Khaerul Anwar)

Sejumlah sopir angkutan umum di Terminal Bus Mandala Rangkasbitung mengaku saat ini jumlah penumpang menurun drastis setelah ada larangan mudik.

Bahkan, banyak pengemudi tidak beroperasi karena pendapatan dan pengeluaran tidak sebanding dengan biaya operasional akibat sepinya penumpang.

"Kami sudah sepekan terakhir ini menganggur, karena penumpang sepi akibat larangan mudik itu," kata Edi, seorang pengemudi angkutan umum jurusan Rangkasbitung-Bekasi.

Baca Juga: 3 Bulan Jalani Kawalu, Tak Ada Warga Suku Badui Terjangkit COVID-19 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya