Potret Pemilu 2024 di Pedalaman Baduy

Mereka membangun TPS sederhana untuk pesta demokrasi

Lebak, IDN Times - Suku Baduy merupakan kelompok masyarakat pedalaman yang menolak perkembangan zaman, serta setia pada cara hidup ala nenek moyang mereka. Meski demikian, warga di pedalaman Lebak, Banten ini tetap menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan semangat. 

Pada pesta rakyat tahun ini, warga Baduy pun menyiapkan berbagai hal untuk pencoblosan dengan cara mereka. Misalnya, logistik pemilu mereka bawa dari luar kampung mereka dengan jalan kaki.

Selain itu, mereka pun membuat tempat pemungutan suara (TPS) dengan peralatan yang bisa mereka dapatkan dari lingkungan mereka sendiri. Seperti apa? Berikut potretnya. 

1. Suku ini menolak ada kendaraan yang masuk ke pemukiman mereka. Logistik pemilu pun dibawa dengan berjalan kaki

Potret Pemilu 2024 di Pedalaman BaduyDistribusi logistik Pemilu 2024 di pemukiman Baduy, Lebak ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

2. Sejumlah warga memasang bambu dan kayu lainnya pada 13 Februari 2024. Ini salah satu lokasi TPS di pemukiman Baduy

Potret Pemilu 2024 di Pedalaman BaduyWarga Baduy bersiap membangun TPS Pemilu 2024 di pemukiman mereka (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

3. Foto calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) serta anggota legislatif pun sudah dipasang. Saat pencoblosan, 14 Februari 2024, warga pun bisa melihat siapa calon yang ingin mereka pilih

Potret Pemilu 2024 di Pedalaman BaduyWarga Baduy menyiapkan TPS Pemilu 2024 di pemukiman mereka (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Baca Juga: Potret Jibaku Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Banten

4. TPS sederhana untuk pesta demokrasi Indonesia

Potret Pemilu 2024 di Pedalaman BaduyTempat Pemungutan Suara (TPS) di pemukiman Baduy, Lebak untuk Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

5. Kotak suara pun disiapkan

Potret Pemilu 2024 di Pedalaman BaduyWarga menyiapkan proses Pemilu 2024 di pemukiman mereka ( ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

6. Sejumlah petugas gabungan juga sudah memberi sosialisasi Pemilu 2024 pada 12 Februari lalu

Potret Pemilu 2024 di Pedalaman BaduySosialisasi Pemilu 2024 di pemukiman Baduy, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

7. Petugas gabungan mendatangi rumah-rumah agar warga datang ke TPS saat pencoblosan

Potret Pemilu 2024 di Pedalaman BaduySosialisasi Pemilu 2024 di pemukiman Suku Baduy, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Baca Juga: Kamu Mau Desa Adat Baduy? Perhatikan Larangan Ini Yah!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya