Potret Semangat Warga Baduy Nyoblos untuk Pemilu 2024

Sebagian warga Baduy kembali dari ladang tempat mereka kerja

Lebak, IDN Times - Gegap gempita pesta demokrasi Indonesia terasa hingga ke pedalaman Lebak, Banten pada Rabu (14/2/2024). Ribuan warga di pemukiman Suku Baduy berpartisipasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Suku Baduy terdiri dari dua kelompok besar, Baduy Dalam dan Luar. Baduy Dalam masih kuat memegang cara hidup seperti nenek moyang mereka dan jauh dari peradaban. Sementara Baduy Luar sudah mulai terbuka dan menerima perkembangan zaman, meski tak semua. 

Terlepas dari hal ini, masyarakat Baduy yang tinggal di Desa Kanekes, Lebak itu tetap menyambut Pemilu 2024 dengan antusias. Berikut potretnya. 

1. Warga Baduy berbondong-bondong berangkat ke lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Potret Semangat Warga Baduy Nyoblos untuk Pemilu 2024Warga Suku Badui berjalan menuju tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Kenekes, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

2. Warga Baduy mulai memadati TPS. Sebagian dari mereka sampai pulang ke kampung adat, dari ladang-ladang tempat mereka mencari makan

Potret Semangat Warga Baduy Nyoblos untuk Pemilu 2024Warga Suku Baduy antre saat pelaksanaan Pemilu 2024 di Desa Kenekes, Lebak(ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Baca Juga: Demi Pemilu, Warga Baduy Luar Pulang ke Kampung Adat

3. Satu per satu, warga Baduy menyoblos dan menggunakan hak suara mereka, Rabu (14/2/2024). Di pemukiman Baduy, ada 27 TPS nih

Potret Semangat Warga Baduy Nyoblos untuk Pemilu 2024Warga Suku Badui memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat pencoblosan Pemilu 2024 di Desa Kenekes, Lebak, Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

4. Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di pemukiman Baduy 6.078 orang. Warga yang belum dapat giliran, antre dulu ya~

Potret Semangat Warga Baduy Nyoblos untuk Pemilu 2024Warga Suku Badui antre saat pelaksanaan Pemilu 2024 di Desa Kenekes, Lebak, Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

5. Senyum sumringah wajah para perempuan Baduy setelah memilih pemimpin bangsa ini

Potret Semangat Warga Baduy Nyoblos untuk Pemilu 2024Foto kolase warga Suku Badui menunjukkan jarinya yang telah tercelup tinta usai mencoblos surat suata Pemilu 2024 di Desa Kenekes, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Baca Juga: Suku Baduy Minta Wilayahnya Tak Ada Akses Internet

6. Di TPS Suku Baduy ini, siapa yang unggul ya?

Potret Semangat Warga Baduy Nyoblos untuk Pemilu 2024Warga Baduy menyiapkan TPS Pemilu 2024 di pemukiman mereka (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Baca Juga: Kisah Mul, Pemuda yang Jadi Guru Bagi Anak-anak Baduy

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya