PSBB Diperpanjang, 27 Taman Tematik Kota Tangerang Masih Tutup

Mal di Tangerang pun belum buka

Tangerang, IDN Times - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang mengungkapkan, 27 taman tematik di daerah itu hingga saat ini masih tutup untuk umum. Apalagi, Tangerang Raya kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).  

"Untuk taman tematik masih kita tutup hingga kini, jadi, warga belum bisa berkunjung," ujar Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi Kota, Hendri Pratama. 

1. Rumah ibadah sudah buka, namun taman masih menunggu arahan

PSBB Diperpanjang, 27 Taman Tematik Kota Tangerang Masih TutupMasjid Al Azhom, Kota Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Tangerang Raya terdiri dari tiga wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Tangerang serta Kota Tangerang Selatan. Untuk Kota Tangerang, rumah ibadah sudah mulai dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan. 

Sementara untuk aktivitas di taman tematik, imbuhnya, menunggu informasi lanjutan. Sejauh ini, aktivitas di semua taman tematik hanya perawatan. 

Setiap harinya, petugas rutin melakukan penyiraman dan juga perawatan terhadap hewan di beberapa taman. "Untuk perawatan tetap berjalan seperti biasa oleh petugas, termasuk juga hewan yang ada," ujarnya.

2. Taman tematik termasuk salah satu tempat wisata tujuan warga Tangerang

PSBB Diperpanjang, 27 Taman Tematik Kota Tangerang Masih TutupTaman tematik di Kota Tangerang (Antaranews)

Taman tematik merupakan salah satu tempat wisata di pusat kota yang dibuat Pemerintah Kota Tangerang untuk mewujudkan Kota Layak Huni dan Dikunjungi.

Di Kota Tangerang terdapat 27 taman tematik dengan total luas 1,38 hektare dan 60 lokasi taman lingkungan dengan luas 2,94 hektare.

Sebelum ditutup karena COVID-19, Taman tematik selalu ramai dikunjungi warga. Ada Taman Potret, Taman Bambu, Taman Gajah, Bird Park, Taman Pramuka hingga kawasan Flying Deck.

3. Wali Kota Tangerang juga belum pastikan kapan akan membuka mal

PSBB Diperpanjang, 27 Taman Tematik Kota Tangerang Masih TutupSejumlah pengunjung terlihat berbelanja setelah Mal di Jakarta resmi dibuka kembali pada 15 Juni 2020 (IDN Times/Athif Aiman)

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang juga belum bisa memberikan kepastian mengenai kapan dibukanya kembali pusat perbelanjaan modern atau mal.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Selasa mengakui, kelengkapan protokol kesehatan sudah terpenuhi di sejumlah pusat belanja dan fasilitas publik lainnya. "Belum, kami masih berkoordinasi dan menunggu arahan dari Pemprov Banten dan Pemerintah Pusat," kata Arief.

Terkait berapa kapasitas pengunjung yang diperbolehkan, Wali Kota Arief menyebutkan untuk pengunjung 35 persen dengan parkir dibatasi hanya 50 persen.

"Kami berharap mereka menyiapkan alat checker, jadi nanti kalau memang tempatnya ramai terpaksa akan kita tutup kembali," imbuh Arief.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya