Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak 13-14 April 2024

Pemudik, beli tiket kapal jauh-jauh hari, biar gak keabisan

Serang, IDN Times - Arus balik lebaran sudah mulai tampak. Di Pelabuhan Merak, Cilegon, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 13-14 April 2024. 

 "Untuk arus balik, kami telah lakukan pengamanan dan kemungkinan puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu di Bakahueni dan Merak," kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (12/3/2024). 

Baca Juga: Cerita Pemudik, Terjebak Macet 12 Jam di Jalan Menuju Pelabuhan Merak

1. Rekayasa lalu lintas di kawasan Merak jelang puncak arus balik

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak 13-14 April 2024IDN Times/Khaerul Anwar

Salah satu langkah yang ditempuh adalah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat arus balik dari Sumatra melalui Pelabuhan Merak. Polda Banten juga akan membuka dua lajur di Merak, yaitu Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah di kawasan Merak, untuk arus balik ini.

"Cikuasa Atas digunakan untuk kendaraan bus dan kendaraan pribadi yang langsung menuju Tol Merak-Tangerang. Sedangkan untuk Cikuasa Bawah digunakan bagi roda dua melalui jalur arteri," katanya.

Abdul Karim berharap, pemudik bisa mengerti mekanisme arus balik dan rekayasa lalu lintas dari Sumatra di Pelabuhan Merak ini agar perjalanan bisa lancar. 

Baca Juga: Antisipasi Macet Arus Balik, ASDP: Tiket Kedaluwarsa Ditiadakan

2. Pemudik, beli tiket kapal jauh-jauh hari ya supaya gak kehabisan kuota

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak 13-14 April 2024Terminal eksekutif Pelabuhan Merak, Banten. (dok. ASDP)

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry mengimbau para pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Jawa agar segera memesan tiket, dari jauh-jauh hari. Dengan demikian, pemudik tidak kehabisan kuota. 

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, pemudik bisa membeli tiket kapal secara online atau melalui mitra resmi ASDP.

 "Pemudik agar mempersiapkan perjalanan dengan matang, membeli tiket via online Ferizy atau mitra resmi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota. Pastikan sudah bertiket sebelum berangkat, dan datang ke pelabuhan sesuai dengan jadwal keberangkatan yang tertera di tiket," katanya.

Selain itu, imbuhnya, pemudik juga harus memastikan sudah mengisi identitas penumpang dengan benar, serta kendaraan secara lengkap dan benar saat melakukan reservasi tiket online supaya hak asuransi tercatat dengan baik.

3. ASDP: Gak ada tiket hangus, asal...

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Merak 13-14 April 2024Pelabuhan Merak, Banten. (dok. ASDP)

Selain itu, ASDP juga telah menerapkan kebijakan khusus bagi pengguna jasa, khususnya di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, yakni berupa peniadaan tiket kedaluarsa.

Peniadaan tersebut diberikan untuk kendaraan penumpang golongan II dan IVA sampai dengan 24 jam, sejak waktu masuk pelabuhan yang berlaku khusus saat periode arus balik Lebaran 2024 pada 11-21 April.

 "Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju pelabuhan, karena tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera beli tiket dari sekarang," katanya.

Sementara itu, dikutip dari ANTARA, arus balik pada H+3 Lebaran melalui Gerbang Tol Merak-Tangerang terpantau mulai di lalui oleh kendaraan pemudik yang melintas dari arah Pelabuhan Merak melalui jalur Cikuasa Atas, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.
 Dan situasi di Gerbang Tol Merak-Tangerang terpantau berjalan dengan normal dan lancar.

Baca Juga: Kereta Api Lokal Sudah Kembali Beroperasi Sampai Stasiun Merak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya